Kamis, 12 Juli 2012

Merakit Sendiri Panel Listrik 3 Phasa


Pada artikel yang pertama saya telah menshare " Prinsip Dasar Panel Listrik " sekarang bagaimana merakit nya sendiri.......nah kalau di elektro arus lemah kita bisa membuat PCB (Printed Circuit Board), tetapi di elektro arus kuat ini kita tidak bisa memakai PCB, tetapi kabel  serabut tembaga ( minimal isi 18 serat) dan memakai skun. Pokoknya mirip radio tabung jaman jadul dehhh !!! semrawut ...(disinilah seninya agar kabel yang semrawut itu bisa di rangkai dengan rapi , enak dilihat dan gampang di telusuri dan aman di pakai).

Saya sarankan agar kabel tembaga yang di jepit skun tersebut ujungnya kalau bisa di solder, agar supaya perpindahan arus dan keawetan sambungan, serta bahaya yang dapat timbul akibat ngepong (kabel meleleh dan habis terbakar) karena kendornya jepitan atau teroksidasinya tembaga karena usia kabel yang lama sehingga timbulnya panas akibat kabel tidak bisa menghantarkan listrik secara optimal.
(Base on pengalaman menelusuri / memeriksa panel  selama +- 10 thn).

Saya ambil contoh untuk membuat panel listrik untuk dinamo motor 3 phasa  seperti gambar di bawah ini :

Jika tutup atas di buka maka akan terlihat seperti ini untuk sambungan kabel dan konektornya :



Untuk pemasangan kabel untuk menjalankan motor dinamo 3 phase secara star delta, pertama copot semua jumper tembaga yang terlihat pada  gambar diatas adalah pada terminal yang paling atas, kemudian rakit rangkaian dengan bahan-bahan sebagai berikut :

Bahan : 1  Pcs MCB 3 Phase (bisa di pilih sesuai kebutuhan dan besaran dinamo motor yang di pakai) ada yang 16 A, 24 A, 32 A, dll
            3  Pcs Kontaktor tipe LC1 D 09/12 (bisa di pilih sesuai kebutuhan dan besaran dinamo motor yang di pakai).
            1  Pcs LA2 DS2 Telemecanique Relay timer 0-30 Sec
            1  Pcs LRD 10 Over load relay.
            Kabel (minimal Dia 2.5 mm dgn isi 18 serat) secukupnya, dua atau tiga warna lebih baik.
            Box , lampu indikator 4 Pcs, push swith 2 pcs, panic button 1 pcs
Alat :    Skun Tembaga, Timah dan solder, Tang kupas dan jepit kabel.

 Secara sederhana prinsipnya seperti berikut :



Tetapi jika di gambarkan alur secara real picture berdasarkan bahan tersebut diatas maka diperoleh gambar skema berikut ini :



Arus listrik dari rumah induk/panel induk pabrik masuk melalui MCB , pertama-tama akan menjalankan dinamo secara star kemudian setelah 20 detik yang kemudian akan akan menjalankan rangkaian Delta.
Pada gambar skema diatas Output U,V,W,Z,Y,X itu langsung di sampungkan pada terminal motor yang jumper tembaganya telah di ambil (atau pada terminal 1,2,3,4,5,6).



Dan kalau sudah jadi, selesai di rakit dan siap box, maka gambar akan seperti ini dan siap untuk di rapihkan :




Ok selamat mencoba skema diatas dan mencobanya. Pastikan semua kabel telah di solder dan di jepit dengan baik.

Be Carefull and keep safety first !!!!








73 komentar:

  1. Info yang sangat bagus... :)
    mas saya mo tanya, gmana cara merakit panel listrik rumahan sederhana untuk dipakai di rumah sendiri?

    Teruslah berkarya...

    BalasHapus
  2. Mas Yunus yth ; kalau untuk rumahan dan sederhana , kalau menurut saya cukup di bagi melalui MCB yang terpisah-pisah , misalnya 1 MCB buat ruang tamu, kamar, dapur dll, sesuai dengan kebutuhan kita. dirakit dalam satu kotak MCB (Hager) Penggunaan panel di perlukan untuk peralatan listrik yang membutuhkan daya besar (diatas 16 Ampere). Ok terima kasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  3. matur teng kyu ya mas alias terima kasih ...emang ini yang lagi ku cari aku baru dapet dinamo 3pas tabi bingung masangnya kabelnya banyak banget.. sekali lagi trim"s

    BalasHapus
  4. klo dari genset sumbernya gan ada lagi tambahan pengamannya

    BalasHapus
  5. Yth Pak Irfan,

    Kalau dari Genset , pengaman tambahannya cuma Breaker saja yang posisinya berada di panel induk di genset.

    BalasHapus
  6. Jual panel listrik 3 phasa gak pak?

    BalasHapus
  7. Yth Pak romi

    Saya tidak menjual panel listrik, kalau di Jakarta (Ps Kenari, Glodok misalnya) banyak yang menjual sudah jadi, tinggal sesuaikan kebutuhan daya yang akan di pakai bapak.

    BalasHapus
  8. apakah saya boleh privat/kursus tentang merakit panel listrik,motor 3 phase star delta pak??saya tinggal di bekasi juga..

    BalasHapus
  9. karena saya tertarik dengan blog bapak,,serta saya bingung pak,,karena saya lulusan SMA,,jadi harus belajar kemana..untuk mendalami motor listrik..karena saya mau mengikuti kompetensi bulan maret,,tentang motor listrik..apakah bapak bersedia untuk saya privat/kursus??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Jimih kalau anda mau belajar teori dan praktek langsung dgn motor 3p hub saya di Pt.Lingga Makmur Elektrika perumahan papan mas blok F tambun selatan bekasi by.asepdeni 02170187888/081905886607

      Hapus
  10. Yth Pak Jimih S

    Terima kasih atas perhatiannya, bukan nya saya tidak mau untuk memberikan privat, tetapi karena kesibukan saya mengurus pabrik, hal tersebut tidak dapat di mungkinkan dan hanya bisa lewat email.

    Mengenai pendalaman tentang motor listrik, mungkin Pak Jimih bisa mengikuti Pelatihan di Balai Latihan Kerja yang di miliki oleh Depnaker yang tempatnya pas di Belakang Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Barat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak saya pasang panel untuk pompa submersible 8pk. saya agak kebingungan memasang amperemeternya 50/5a apakah bisa langsung diseri ataupakai current transformer? terima kasih

      Hapus
  11. pak untuk pengaman 3 phase jika salah satu phase ada yang mati bagaimana...jika ada modulnya makainya apa dan jika bisa plus wiringnya mks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut komentar mas eko,blog yg bagus tentang kelistrikan maaf mas eko saya mau beri solusi utk mas Doddy Sanjaya tentang pengaman listrik 3 phase kalau ada 1 phase mati.mas Doddy saya bisa buat alat itu utk pengaman kalau salah satu phase hilang/mati .ini email saya calvindena@gmail.com

      Hapus
  12. Yth Pak Doddy S

    Saya memakai aplikasi 3 Phase aplikasi relay. yang mana fungsinya antara lain iika:
    - salah satu phase mati/hilang/tidak ada.
    - Phase terbalik
    - Phase tidak balance bebannya
    - Under/Over Voltage ( voltase di bawah/diatas range)

    Pengaman ini di pasang pada jalur 3 phase sebelum memasuki rangkaian panel listik 3 phase. bentuknya kecil dan dapat di taruh di dalam panel. Cara memasangnya mudah , selain kabel dari jalur 3 phase, output dari alat ini hanya relay yang dapat untuk memutus / menyambungkan arus yang menggerakkan relay kontaktor (dapat di pasang seri dengan overload relay.
    (bukan bermaksud promosi, tetapi yang saya pakai di pabrik adalah merk Makromatic Phase monitor Relay Type PMDU (Universal voltage range 208-480 V))
    literatur bisa di download http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide

    BalasHapus
  13. kalau pemasangan ampermeter, voltmeter, frequensimeter gmn pemasangannya pak pada listrik 3 phasa

    BalasHapus
  14. Yth Pak Irfan.

    Pemasangan Amper meter dan Volt meter dapat di pasang pada panel induk listrik atau panel alat, asal ada tempat untuk pemasangan alat ukur tersebut. dan jangan lupa cara pemasangannya, untuk Amper meter di pasang seri dan volt meter paralel. Kalau untuk frekwensi meter biasanya ada / diletakan di panel induk, berdekatan dengan kapasitor bank yang ada di panel dan juga dekat dengan genset serta terhubung dengan alat yang mengatur rpm dari mesin genset.

    BalasHapus
  15. mengapa di dalam rangkain panel bagian conektor terjadi percikan api saat kita hidupkan mesin?

    BalasHapus
  16. Yth pak Budhie Y

    Karena adanya beda potensial (tegangan/voltage) antara sumber tenaga (Listrik) dan mesin. Makanya rangkaian kontaktor ini di tempatkan dalam panel listrik yang tertutup dan posisi penempatannya di jauhkan dari tabung gas (bahan bakar gas).

    BalasHapus
    Balasan
    1. bearti kl ada percikan api di dalam alat kontaktor tersebut apakah aman, atau kontaktor tersebut bermasalah? atau bsa terjadi karena sambungan kabel longgar?

      Hapus
    2. Yth Pak Budhie

      Percikan api hanya terjadi pada waktu kontaktor mulai bekerja (mulai kontak), jika terjadi setelah itu , mungkin sambungan kabel yang longgar, kabel kopong atau bisa juga kontaktor sudah waktunya ganti. Saya ada pengalaman, beberapa kontaktor terbakar pada salah satu atau dua jalur phase yang ada. Penyebabnya adalah hal tersebut di atas.

      Hapus
  17. bisakah sama minta alamat email bpk? bsa di emailkan ke andreasbudhieyulianto@gmail.com
    atau mungkin no hp bila berkenan. btw saya jg pemakai compressor atlas copco

    BalasHapus
  18. email saya eko.kiswanto@yahoo.com.

    Btw...Pak Budhie, salam kenal sesama pemakai Atlas, Saya pakai GA 11 P dan dryer FD 30

    BalasHapus
  19. pak Eko mau tanya sedikit, saya membuat sendiri panel untuk mesin pavingblock saya, dimana untuk vibrasi utama digerakan dengan menggunakan dinamo 3 phase 7,5 hp rpm 2900 (saya pakai 2 mereka berbeda teco dan yuema). yang menjadi permasalahan disini dinamo jika dihidupkan bersamaan terjadi konsleting atau kontacktor saya terbakar. tapi klo hanya menggunakan 1 dinamo bs jalan. Listrik pabrik saya 40 kwa. jadi menurut bapak problem nya dimana yah?

    tolong balas ke email saya ffusanto@yahoo.com

    thx

    BalasHapus
  20. Dari informasi dan keterangan bapak di atas, saya menanggap nya seperti ini untuk Vibrasi Pak Santo menggunakan dua buah dinamo jika di nyalakan bersamaan kontaktor terbakar.

    1. Dari segi daya , Pak Santo mungkin bisa menghitung sendiri, apakah daya yang tersedia cukup atau tidak (kalau melihat 2 dinamo di atas 7,5 HP atau 5,5 kW sebanyak dua buah = 11 kW) belum peralatan atau daya mesin yang lain. Bisa juga supply dari PLN nya sendiri kurang, sehingga dapat mengakibatkan kontaktor jadi panas.

    2. Apakah untuk satu dinamo memiliki masing-masing panel listrik ??
    Jika tidak,(artinya satu panel di pakai bersama untuk dua motor listrik yang berbeda) berarti kontaktor mengalami kondisi beban berlebih (over load). Pak Santo harus membuat panel yang terpisah untuk masing-masing dinamo.

    Jika ya, apakah kabel yang dipakai dari panel induk, masuk ke kontaktor dan dinamo memiliki ukuran yang cukup ?.
    Biasanya untuk dinamo yang berukuran 7.5 HP saya memakai kabel serabut 4 x 4,5 mm.

    3. Jika bapak menyalakan dinamo, sebaiknya tidak di nyalakan secara bersamaan bisa memakai selang waktu berapa puluh detik baru di nyalakan dinamo ke dua.

    Sekian dulu, mudah-mudahan dapat membantu informasi buat Pak Santo

    BalasHapus
  21. Kira2 klo psang listrik 3 phase brp rupiah pak, Apa benar sampe 50jt rupiah?

    BalasHapus
  22. Yth Bp Pendy Santoso,

    Bapak dapat memeriksa di http://www.pln.co.id

    BalasHapus
  23. salam kenal pak , keren kali blognya , apalagi kalo ada petunjuk pelajaran membuat panel listriknya , berguna kali buat yang menganggur , di negara kita banyak yang pelit ilmu , makasi

    BalasHapus
  24. pak mau tnya knpa panel 3 phase pas tanpa beban bisa, tp pas dipasang ke motor dr star mau ke delta berat dan gk bisa. sya pakai genset takut terbakar motorny jdi saya blum berani nyobanya lg.
    maslahnya apa ya pak kira"?
    trimakasih sblumnya...

    BalasHapus
  25. Dear Pak Ir. Eko Kiswanto SE.

    saya ingin bertanya pak,sekalian mencari jalan keluar untuk masalah motor listrik untuk mesin press orang tua saya pak, motor listrik nya sering terbakar dan sudah 6x di servis ulang hingga saat ini, pertanyaan saya untuk membuat rangkaian kabel agar mesin dapat stanby pak?karena penggunaan sekarang ini pakai selector switch bertuas yg hanya berfungsi On off jadi mesin on off terus mungkin itu yang menyebabkan terbakarnya ya pak? spesifikasi dinamonya 3 phasa seperti gambar diatas, untuk sumber daya nya disini menggunakan mesin dompeng rakitan dengan keluaran arus maksimal 400V, ketika motor listrik digunakan untuk press barang, tegangan saya lihat turun hingga 210 volt ( mungkin karena motor listriknya dipakai untuk ngepress kali ya ) kalau motor listriknya dibuat I. Stanby, O. off, II. On ( press ).

    Terima kasih banyak pak.

    BR
    Rajib

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan pak,kalau motor listriknya dibuat I. Stanby, O. off, II. On ( press ) rangkaian nya gimana ya pak>?

      Hapus
  26. Super sekali blognya. saya mau tanya pak. untuk pemel motor 75hp. 55 kw. apa saya yg dibutuhkan, berapa kontaktor/overload. dan bagaimana cara merangkainya.
    karena disana jga ingin dipasang kontrol volt dan kontrol ampere.
    terimakasih

    BalasHapus
  27. Dengan rangkaian yang sama hanya di butuhkan kontaktor dengan kapasitas lebih besar lagi. kita dapat memilih jenis kontaktor yang kita pakai sesuai dengan kebutuhan. misalnya ;
    Tipe LC1D18M7, kontaktor tersebut untuk tegangan coil 220 Volt dengan daya maksimum 7,5 KW/400V atau 10 HP/480 Volt.
    Tipe LC1D12M7,kontaktor tersebut untuk tegangan coil 220 Volt dengan daya maksimum 5,5 KW/400V atau 7,5 HP/480 Volt.
    dst......dapat dilihat/dicari di internet.
    Demikian juga untuk overload dapat di sesuaikan, serta kabel yang pakai juga harus disesuaikan dengan daya, jangan sampai kurang besar, kabel yang akan kita pakai.
    Voltmeter dapat di pasang paralel dengan jalur yang kita ingin monitor voltagenya. Sedangkan Ampere meter dapat di pasang serial.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih pak, untuk pencerahan nya.

      Hapus
  28. mau nanya dan minta tolong pak,g mn cara merakit ammeter 3 phasa dengan selector switch pakai Ct?

    BalasHapus
  29. pak sy mau tanya?....
    saya blm tau nama dan bentuk alat yb bpk jelaskan di artikel, kalau bisa bikin 1 blok, yg mengulas pengenalan alat dan carakerja alat teersebut, baru kemudian perakitan, itu saja tq.
    oh ya pak say mau bikin ATS dengan daya listrik saya 3x35A
    apa saja yg diperlukan trksh

    BalasHapus
  30. Pak mau tanya klo saya pakai genset tegangan 380v. Terus saya menggunakan dinamo 5,5 hp di name plate delta 220v, star 380. Kalo saya menggunakan star delta berarti waktu star 380v, dan kemudian waktu di delta 220, berarti arus listrik semakin pendek dari 380 ke 220v. Sedangkan listrik genset 380v. Kira2 bs pake star delta gk pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak,tinggal bapak buka jumper kuningan yang ada di box dinamo motor atau bapak lihat pada buku petunjuk motor yang disertakan pada waktu pembelian dinamo motor tsb.

      Hapus
    2. Pak klo dihubungkan dgn star gk terbakar yah? Krn ada yg mengatakan klo stater dgn star harus menggunakan arus volt tinggi seperti 380 s/d 600v, makanya saya ragu krn dinamo saya 220 s/d 380. Dan seandainya saya star dinamo dgn rpm 1500 putarannya jd brp rpm pak?

      Hapus
  31. assalamualaikum wr.wb
    maf pak saya mau bertanya dan sdikit sarannya .
    saya baru bekerja yang berhubungan dengan genset dan motor listrik , sedangkan saya termasuk awam mengenai ilmu listrik ,tapi saya sangat ingin belajar dan memehami nya , menurut bapak bagaimana cara yang baik agar saya bisa cepat memahaminya dan buku apa yang tepat untuk saya pelajari?? ,mohon pencerahannya pak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum wr.wb

      Kalau menurut saya pribadi, Bapak bisa browsing di internet topik apa yang ingin bapak dalami , kemudian simpan file yang bagi bapak kira penting serta perlu dan print dalam bentuk pdf (biar lebih hemat), nah file pdf itu dapat di lihat atau di baca kembali di Tablet, notebook atau lainnya pada waktu senggang.

      Hapus
  32. pak saya mau nanya, kan saya ingin membuat suatu panel dengan kapasitas 3x25 Amp , saat saya membeli sebuah box panelnya saya bingung gimana cara membuat lubang untuk memasang amperemeter dan juga voltmeternya...
    Mohon penjelasanya
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Devon

      Bapak bisa menggunakan bor tangan atau duduk, tetapi mata bor yang di pilih adalah yang buat lubang 2 Inch bentuknya seperti kuku macan . Dapat bapak tanyakan di toko peralatan setempat.

      Hapus
  33. Pak mau tanya lagi saya mau menghidupkan 2 bh dinamo 7,5 hp sebagai penggerak vibrator. Sebelumnya waktu saya hidupkan dgn starter delta voltase genset turun s/d 0 volt, dan kemudian naik lagi menjadi 380volt. Genset saya 40kva, 72 A. Saya juga sudah mencoba menghubungkan dgn starter star dan listrik turun ke 300 v dan kemudian naik ke 380v. Pada waktu starter delta, dinamo saya yg lain ikut terpengaruh tp msh bs berputar biarpun ada beban, sedangkan pada waktu dgn starter star dinamo saya yg lain tidak dpt berputar waktu ada beban. Menurut pendapat bpk kira2 solusi yg terbaik bagaimana supaya saya bisa menghidupkan 2 dinamo tersebut secara bersamaan tanpa mengganggu alat listrik lain? Thx

    BalasHapus
  34. Pak kalau dinamo 5,5hp klo di name plate star 8A dan delta 11A, berarti klo di star delta semakin tinggi ampere nya yah? Jadi listri semakin besar pemakaiannya yah?

    BalasHapus
  35. pak saya mau nanya.gimana cara merubah dari 3 phasa ke 1 phasa.listrik dirumah saya 2200v standar pln rumahan.mohon dengan sangat infonya.trm

    BalasHapus
  36. Bila agan mau hemat listrik baik 1 phase atau 3 phase, dgn daya 1300VA s/d 200KVA, 2 step atau lebih, hemat diatas 20%, pakai saja Otomatis MQM ELSaver lihat di www.mqm-total-saver.blogspot.com call /sms : 081298218907.

    BalasHapus
  37. untuk tmn2 yg tinggal didaerah bekasi kalau mau belajar ttg panel listrik ,motor2 listrik,kontaktor,relay,ct,capacitor,mccb,elcb,dol starter,stardelta,forward reverse dsb bisa kontak aku tapi 2 org dulu ya praktek langsung by.asepdeni 02170187888/081905886607 terbatas hanya 10 org dulu.thx

    BalasHapus
  38. thanks gan tutorialnya..
    kunjungi juga http://www.rajalistrik.com

    BalasHapus
  39. Dear Pak,
    Minta ijin bergabung Pak Eko.

    Minta penjelasan dari cara menentukan electro motor kita sudah rusak.
    Saya pernah dengar dari megger test bisa ketahuan kalo motor sudah rusak, apa kah benar dengan pendapat ini?
    1 lagi pak, saya minta pejelasan mengenai: cara menentukan warna dari sebuah dinamo motor, soalnya dinamo motor exhaust fan yg kami punya sudah di rewinding dan warna kabel nya sama semua, saya bingung mau bikin connection dari dinamo motor ke saklar.
    Terima kasih atas penjelasan nya

    BalasHapus
  40. Ayo pak kita naik gn.sumbing dulu tgl 25-27oktober 13.

    BalasHapus
  41. terima kasih utk rekan-rekan yang sudah mendaftar pelatihan assembling panel pasti kebagian semua karena kami mengajarkan secara detail praktek langsung diberi tegangan 3p sampai bisa silahkan bagi rekan-yang mau belajar hub 02170187888/081905886607 terima kasih pak eko utk numpang blognya sukses sll

    BalasHapus
  42. klw boleh tau'.. blajar banyak tentang instalasi listrik itu susah/gampang pak?

    BalasHapus
  43. Pak eko.....aku suka blog bapak.....i like pokok.a........

    Aku sebagai tki di mlaysia byk pengalaman tentang rewind motor sekaligus control.a.....
    Aku bekerja di sebuah pabrik minyak sawit title aku sbgai wireman......

    Salam kenal pak eko

    BalasHapus
  44. Mas jaktas.
    Klo boleh aku sarankan klo untuk motor 75hp 55kw....control panel.a pakai sistem auto transformator aja biar statingnya motor tadi ringan.....klo pakai star delta untuk motor besar stating.a sangat tinggi itu akan mengakibatkan main mcb akan triping bila ampere.a kecil.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Salam'kenal Pak?bisa bikinin sekema rangkaian panel dinamo 3pashe putaran bolak balik dengan waktu jeda di satuin/digabung dengan rangkaian star delta,mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau kasih solusi lagi maaf mas eko saya pakai blognya ,mas sagitamas saya bisa bantu mewujudkan alat yg mas inginkan itu yaitu untuk memutar elektro motor putaranya bolak balik dan rangkaian star/delta kunjungi blog ku
      www.rangkaianskemaelektronik.blogspot.com

      Hapus
  47. saya baru beli pompa cnp cdlf-2 13 , dinamo 1 phase daya 2 HP,biasanya kalau kita beli TV atau pompa kan sdh ada kabel shg kita tinggal colok ke PLN dan nyala. masalah nya ternyata nih pompa tdk disertai kabel. pd body pompa ada box yg berisi 2 capasitor (35 mikro/500 volt dan 150 mikro /300 volt) serta 6 titik koneksi, bisakah dibantu dimana saya harus memasang kabel listrik? ( colokan ke PLN)

    BalasHapus
  48. Maaf Pak Sugiarto data base untuk pemasangan kabel listriknya mengenai pompa CNP CDLF-2 13 belum ada di saya, bapak dapat menanyakan hal tersebut kepada penjualnya atau lihat di manual bukunya jika ada.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  49. slamt pagi Pa' Eko, sebelumnya saya minta maaf. sebenernya saya ingin sharing sama bapak. jika boleh dan tidak kberatan saya ingin meminta alamat email bapak. trimakasih

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Wah-wah-wah kbtulan kali pas msk ktmu apa yg saya cari... ass slmt malam pa eko ikut gabung nih, keseharian saya tukang utak atik bara orang yg rusak istilah kasar nya bengkel elektro kampungan yg cuma llusan SD. 1mnggu yg lalu saya ada tugas masang dinamo 3 fase untuk 3 unit msin grgaji di salahsatu pabrik kayu, yg jadi masalah tiap kali dinamo dihidupkan NCB turun, apa p[rlu pake panel StarDelta?
    Speck: Dinamo 15Hp, 11kw, 1460Rpm.
    NCB yg di pake CL 20. dan apa prlu pake kapasitor beng? trm ksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Ruslan Yth ;

      Kalau dilihat dari specnya, memang harus memakai star delta, karena jika tidak memakai rangkaian tersebut, maka arus yang di pakai untuk menjalankan dinamo pada waktu permulaan itu sangat besar sekali, dapat menurunkan MCB atau Breaker yang ada.
      dan lagi sepertinya MCB nya pas sesuai dengan daya (jadi kalau bisa diganti dengan kapasitas yang lebih besar)

      Terima Kasih.

      Hapus
  52. maaf pak eko saya pakai blognya
    PRAKTEK LANGSUNG (Private Assembling Panel Control) , Mengajak Anda yang berminat membangun Perusahaan milik sendiri, dalam bidang Kontraktor Elektrikal yang khusus menangani order PANEL , akan kami bimbing sampai siap berdikari.Selain dari itu, kami dapat memberi bimbinganbelajar
    kepada kader muda.
    Mata pelajaran Bimbingan
    Belajar (Electrical Wiring control)
    Panel LVMDP Distribution Panel
    Panel Control Direct On Line Starter Capasitor bank Star Delta Starter ATS Fire Hydrant System Interlock System Motor Control Center Water Level Control System
    Minimal 30 x Belajar @5jam hari sabtu dan minggu Dijamin Sukses, dan Percaya diri untuk melamar kerja ke: Proyek bagian lapangan Pabrik bagian maintenance
    jadwal Bimbingan Belajar Electrical
    1.Pengetahuan asal sumber listrik
    2. Belajar membaca gambar instalasi listrik pabrik,building
    3. Instalasi listrik penyambungan ke motor 3 phasa listrik pabrik
    4. Belajar membaca gambar single line siagram,three line,wiring Automatic Control
    5.. Automatic Control Direct On Line Starter
    6. Automatic Control Star Delta Starter
    7. Wiring Control (Automatic), yang berhubungan dengan:
    Fire Hydrant Pump antara Jockey Pump-Main Pump-Diesel Pump
    8..control, yang berhubungan dengan water level control
    dari beberapa motor pompa
    9.Wiring Control ATS (Automatic Transfer Switch)
    10.Cara mengerjakan: Testing ,FATP,commissioning
    Materi dasar yang diberikan:
    pengenalan komponen Panel;mccb,mcb,kontaktor,thermal over load,relay,timer,ct,volt meter,amper meter,vss,ass,wlc,temperatur control,proximity switch,sensor switch,pressure switch,limit switch,trafo step up,dll.material dan aksesories panel.diajarkan pasang rel busbar,rel mcb,pasang komponen,teknik sekun,teknik wiring,baca wiring diagram,single line,three line,belajar menggunakan alat ukur AVO meter,Megger test.total Praktek rakit buat panel dari dasar.
    system: Distribution Panel,Direct On Line Starter,Star Delta Starter,Fire Hydrant System,
    Panel Control system,ATS,Interlock System,Motor Control Center,Water Level
    control System,Forward Reverse,terminasi motor 3 phasa
    Minimal 30 x Belajar @5 jam BIAYA :RP.2.500.000,- bisa dibayar 3(tiga)kali sudah termasuk sertifikat,snack,kopi break,disediakan selama pelatihan.Instrutur berpengalaman lebih dari 15 tahun di PANEL MAKER ternama
    WORKSHOP:KOMPLEK MABES HANKAM CIBUBUR,JAKARTA TIMUR
    CALL/SMS:081905886607-02170187888

    BalasHapus
  53. salam kenal pak eko..., pak saya mau minta contoh pengalamatan kabel pada panel control...., yang saya tahu sistem pengalamatan sitem nama komponen dan nomor terminal contohnya K32.13 ( kontaktor nomor 13. terminal no 13 ), kalau melihat mesin dari china saya bingung untuk membacanya dan melacak kabelnya
    kalau ada bisa kirim ke aji.tahu79@gmail.com, terimakasih

    BalasHapus
  54. pak salam kenala. .., saya mau minta tolong pak dikirimi ,gimana gambar untuk buat panel ats kapasitas genzet 1250 Kva

    BalasHapus
  55. Salam Pak Eko, semoga informasi dibawah ini dapat membantu.

    Untuk Anda yang membutuhkan Jasa Fabrikasi Box Panel Listrik Berbahan Fiberglass / Composite dapat menghubungi kami.

    Material yang kami gunakan sudah teruji dengan baik dan telah di gunakan oleh PLN

    BalasHapus
  56. Permisi pak eko bisa share tentang cara2 merakit panel automatic start genset nggak trims' sbelum.ny

    BalasHapus
  57. Mohon bantuannya ada 2pertanyaan.
    1.Ilustrasikan system distribusi listrik dari pln (20Kv) ke gedung bertingkat,dengan catatan kita mempunyai 3lantai,masingmasing lantai mempunyai 3tenant. Dengan blok diagram.
    2. ilustrasikan distribusi line telephone dari TELKOM ke tenant gedung bertingkat 3 lantai?
    mohon bantuanya....

    BalasHapus
  58. Mas eko minta bntuanya gimna caranya merangkai 2 buah dinamo mobil2n menjadi listrik tanpa menggunakan baterai/accu, tenaga angin, dan kincir air, tolong bntuanya mas eko nie email saya putuaghus@gmail.com mksi

    BalasHapus