Selasa, 10 Juli 2012

Macam-macam Jenis Pengaduk (Impeller) ..Bagian 3

Impeller  Bilah / Sudu Turbin

Turbin dengan bilah kemiringan 45 derajat (biasanya) dibuat dengan konstruksi  2-8 bilah dapat digunakan dengan bebas sesuai kebutuhan  tapi biasanya empat bilah  yang paling sering umum di pakai untuk mengaduk
Arus aksial dan radial dapat dikombinasikan sehingga akan  tercapai tujuan pengadukan. Teknik ini efektif untuk pertukaran panas dengan dinding tangki (yang mempunyai heating coil) atau coil internal . Impeller nya  dapat digunakan baik dalam modus arah  pemompaan aliran fluida ke bawah  atau arah  pemompaan aliran fluida keatas.

Impeller bilah turbin dapat dipakai pada aplikasi aliran fluida moderat
Viskositas moderat pencampuran hingga 10.000 cps
Volume Intensitas  pencampuran  tinggi
Kegunaan :
Perpindahan panas / pemanasan bahan agar proses pelarutan lebih baik dan sempurna, campuran suspensi antara padatan dan benda cair.

Gambar Impeller bilah turbin seperti di bawah ini
               



Impeller Model Rotor / Stator Mixer.
Desain Operasional



Mixer geser / mesin potong untuk memotong dan melarutkan bahan baku dengan fluida pelarut  dengan intensitas  tinggi menggunakan kecepatan  rotor / stator generator untuk menerapkan geser mekanis dan hidrolik intens. Pisau dari jangka rotor pada kecepatan perangkat pemotong
15 sampai 30 m / s dalam stator tetap. Seperti pisau memutar melewati setiap pembukaan di stator, mereka akan menggeser / memotong / melalui saringan partikel, menekan  bahan baku dengan kecepatan tinggi ke dalam saringan atau lubang stator disekitarnya.  Bahan dikeluarkan secepat mungkin sehingga terjadi pengurangan ukuran partikel.

Aplikasi :


Impeller Geser stator rotor ini bekerja dengan baik untuk mengurangi tetesan / ukuran partikel baik untuk homogenisasi, pelarutan , solubilisasi, emulsifikasi, menggiling, dan dispersi. Mixer geser tinggi  (Stator / Rotor ) yang paling cocok untuk pencampuran bahan dengan viskositas maksimum 10.000 cps. Digunakan bersama-sama dengan impeller tipe jangkar dan  dapat menangani viskositas sampai kira-kira 200.000 cps.


Dalam aplikasi yang memerlukan induksi cepat  seperti bubuk/serbuk,  Dengan desain rotor / stator dimodifikasi khusus yang menghasilkan kevakum-an yang kuat. sistem menarik padatan melalui lubang input bahan baku (di buat semacam saluran khusus masuk dan mengarahkan mereka langsung ke zona pemotongan stator rotor ). 

Stators dapat dipertukarkan /di ganti sesuai dengan kebutuhan. Spesifikasi generator rotor / stator batch adalah selalu berhubungan dengan keseimbangan dan aliran. Hal ini benar apakah itu sebuah mixer yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari mixer multi-agitator. 

Kepala stator bulat (A) dengan lubang bundar besar yang terbaik untuk tujuan umum pencampuran. Ini menghasilkan arus kuat, dan dengan cepat mengurangi ukuran partikel besar.
Kepala stator Slotted (B) memberikan kombinasi yang paling populer untuk pemotongan bahan dan laju aliran efisien. Ini sangat ideal untuk emulsi dan menengah viskositas bahan.
Kepala Lubang Baik (C) menyediakan geser tertinggi mungkin - dengan mengorbankan tingkat aliran lebih lambat. Hal ini paling cocok untuk viskositas rendah emulsi dan dispersi halus.


             
     


Impeller Rushton

Desain operasional
Ini kadang-kadang disebut impeller turbin pipih radial dan memiliki empat atau lebih pisau vertikal, dan spasi / ruangan di sekitar disk.
Aliran radial dibuang ke luar pada dinding tangki  dengan setengah aliran diarahkan ke atas, dan setengah aliran diarahkan ke bawah.


Meskipun impeller rushton dapat digunakan untuk semua jenis tugas pencampuran tunggal dan multiple-fase, mereka yang paling efektif untuk gas-cair dan cair-cair dispersi dan memberikan hasil pencampuran yang lebih tinggi dan tingkat turbulensi yang lebih rendah dengan pemompaan.
Dengan ditambahkan  baffle yang cocok, pengarah arus ini akan membuat arus kuat ke atas-bawah untuk yang mengalir baik di atas dan di bawah impeller.


Generasi baru dari turbin radial adalah turbin backswept yang memiliki enam pisau melengkung. Sifat backswept dari pisau adalah mencegah penumpukan material pada pisau dan memiliki gas tertinggi sehingga penyebaran material yang tersedia jadi lebih merata dan larut.

Fitur-fitur teknis :
Digunakan untuk cairan viskositas rendah ke menengah.
Kegunaan  : Cairan bercampur larutan /padatan, Fermentasi, Dispersi Gas, Limbah dan pengolahan serat dalam industri pulp dan kertas.
 

Contoh gambar  Impeller Rushton

      

 Oke sekian dulu, dan  akan dilanjutkan lagi untuk jenis Impeller  di bagian ke 4.












1 komentar:

  1. terimakasih atas infonya pak.
    sangat membantu mahasiswa

    BalasHapus