Senin, 02 Juli 2012

Macam-macam Jenis Pengaduk (Impeller) ..Bagian 2


Pengaduk Efisiensi Tinggi (High Efficiency Impeller)

Hydrofoils impeller adalah impeller efisiensi tinggi yang dikembangkan untuk aplikasi di mana perputaran bahan / pengadukan secara perlahan dengan aliran aksial yang diinginkan sesuai dengan rancang bangun sistem pengolahan
Pada dasarnya pengaduk / impeller ini memiliki dua, tiga atau empat bilah pair / pasangan bilah yang berbentuk lonjong, yang melengkung dan kadang-kadang dibuat dengan tepi terkemuka bulat. (sesuai dengan aliran fluida yang di inginkan)
Sudu pisau (bentuk pengaduk) di ujungnya adalah lebih dangkal dari pada yang berada dihub / bubungan atau yang mendekati poros, yang menyebabkan tekanan hampir konstan di seluruh /sepanjang permukaan pisau / bilah pengaduk. Ini menghasilkan kecepatan yang lebih seragam di seluruh daerah impeller.
Bentuk pisau / bilah ini menghasilkan sejumlah daya yang rendah dan arus tinggi per unit daya dibandingkan dengan turbin blade bertingkat. Aliran ini lebih efisien ke arah saluran pompa sirkulasi yang berada di bawahnya, dan sistem pusaran impeller hampir sama kuat dengan sistim  yang berasal  dari turbin blade bertingkat.
Selain itu, pisau/ bilah sudu tertentu menyebabkan bentuk geser minimum tapi memiliki ketahanan kavitasi lebih dari desain lainnya melalui desain hidrodinamik yang  efektif  mengenai poros/ poros as yang besar lagi untuk tangki yang lebih dalam, dan menyelesaikan proses  yang terkait dengan keterbatasan waktu dan kecepatan kritis yang di perbolehkan selama waktu pengadukan.

Hydrofoils dibagi dua impeler kelompok utama: soliditas rendah dan soliditas tinggi

Soliditas adalah rasio, yang didefinisikan oleh daerah di pisau impeller / bilah pengaduk dibagi dengan luas penampang impeller horizontal.

Impeller untuk soliditas rendah (ISR)

Impeller ini adalah impeller yang sangat efisien untuk pencampuran cairan dan suspensi padatan.
Desain ini sangat unik dan tidak ada sisi bayangan  antara pisau dan permukaan yang halus untuk memudahkan pembersihan. Contoh gambar ISR seperti pada gambar di bawah ini.


    


Impeller untuk Soliditas Tinggi (IST)

IST mempunyai dua pisau, Impeller ini membentuk aliran kontra / bertolak belakang. Impeller IST telah disarankan sebagai impeller yang sangat efisien untuk mencampur fluida yang sangat kental misalnya pada fluida non-Newtonian.  Desain impeller ini (IST) paling fleksibel.
Intensitas pencampuran isi tangki dan permukaan cairan karena kompleks naik turun pergerakan fluida karena adanya fluida yang berlawanan dari pisau / bilah pengaduk  bagian luar.
Impeller ini telah dikembangkan untuk menggabungkan antara sirkulasi yang baik dengan gaya geser/ tingkat gaya pengadukan rendah (low energi).
Hal ini memastikan waktu pengadukan yang  pendek di permukaan cairan / fluida.
Impeler ini menyediakan hingga empat kali perpindahan panas lebih baik dari impeller turbin standar, karena diameter pisau besar dan kedekatan ujung pisau pada dinding tangki.

Ini impeller (IST) dirancang berdasarkan pada tinggi impeller / rasio diameter dinding
Untuk kondisi turbulen membutuhkan baffle dinding, untuk kondisi laminar digunakan tanpa baffle dinding

Aplikasi pemakaian / kegunaan : Deterjen

  



Impeler Kelautan / Tipe Propeller baling-baling kapal laut / Marine Propeller

Keterangan / penjelasan :
Baling-baling laut adalah impeller dengan aliran axial.
Baling-baling standar memiliki tiga pisau, tetapi bisa dua senjata tajam, empat senjata tajam, atau terbungkus oleh penjaga melingkar.  Oke sebagai ilustrasi gambar baling-baling kapal laut seperti ini ;

     

Sebuah jejak baling-baling berputar mengeluarkan gerak gelombang didalam cairan (mekanika fluida). Jenis baling kapal  laut sering digunakan sebagai mixer samping masuk dalam tangki besar dan sebagai mixer atas masuk dalam tangki kecil. Hal seperti ini dapat dirancang dengan pitch yang berbeda untuk mengubah kombinasi pemompaan  rate dan daya dorong.

Fitur-fitur teknis:
Mereka digunakan pada kecepatan relatif tinggi (sampai 3000rpm) dengan cairan viskositas rendah, sampai sekitar 4000cP.

Kegunaan :
Digunakan untuk pencampuran larutan dan suspensi padatan, penggabungan padatan atau pelarutan dari padat ke cair dan transfer panas.

    


Oke akan dilanjutkan lagi untuk jenis Impeller  di bagian ke 3


1 komentar:

  1. BAPAK, bagian ke 3 gk ada tah pak kurang banyak nih pak, soalnya mau di jadiin tugas sekolah...

    BalasHapus