Jumat, 08 Juni 2012

Pembersih Injeksi Bahan Bakar Bensin

Peluang Usaha Injector Cleaner buat bengkel umum di pinggir jalan  . . . berapa modal alatnya dan berapa untuk cairan pembersihnya dan berapa lama Rate Of Returnnya ( Break Even Point ) ??? baik akan saya kupas satu per satu

Era sepeda motor injeksi dan mobil injeksi sudah mulai trends,  diantara kendaraan yang saya pakai diantaranya H**** PGM Fi dan Y***** Vix*** untuk R-2 dan T*****  VVT-I  untuk R-4 nya, sebaiknya kendaraan injeksi tidak hanya digaungkan dengan penjualannya saja dengan alasan lebih bertenaga, irit dan ramah lingkungan , itu benar !!!. Tapi juga penting untuk memikirkan layanan after. Karenanya, pabrikan katanya  mengaku sedang putar otak untuk menyempurnakan layanan purna jualnya. (http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/02/24/328381/28/8/Yamaha_Cari_Cara_Agar_Service_Motor_Injeksi_Tidak_Antri_Panjang) karena selama ini yang saya amati jika sedang servis rutin ....he..he...??!!!
Salah satu yang paling vital adalah service injeksi. Seperti kita tahu, masih sedikit bengkel yang memiliki infrastruktur serta teknisi yang siap melayani perawatan  injeksi.
kalau bengkel resmi, pasti lah percaya  (angguk-angguk) dan dengan harga resmi (geleng-geleng)....he..he...

Bagaimana jika pemilik kendaraan adalah sebagian besar dari rakyat Indonesia yang masih bekerja keras dan pikir-pikir buat merawat kendaraannya di jaringan bengkel resmi ??? alternatifnya tentu adalah bengkel alternatif (bukan pengobatan alternatif loh )  yang mempunyai kemampuan menangani sistim injeksi.

Nah untuk yang ingin berminat usaha perawatan injeksi mungkin ini ada jalan (hitung-hitungan ekonomi aja yak ). kalau untuk hitung-hitungan tekniknya nanti aja deh , saya lagi kagak mood. he..he..he...

Bagaimana dan berapa aset yang harus disiapkan untuk membuka usaha pembersihan Injector buat bengkel bengkel umum.

Sebagai gambaran ambil contoh studi harga dari berbagai sumber dan bengkel

Seperti Kita ketahui Y***** menjual 4 Juta satu set Injector Cleaner ke Jaringan jaringan Bengkel resminya . . . Emang murah sih, tapi buat kalangan tersendiri (maksudnya buat merek tersebut). nah buat yang punya bengkel umum atau bengkel komunitas . ..  berapa butuh modal awal untuk alat alatnya?

Dari Internet dan Goooogle ternyata dapat Juga toko online yang menjual satu set alat injector cleaner . . kebetulan merknya 3M . . .( bukannya maksud promosi nih ) , tapi kayaknya sama dengan yang dipake oleh Y***** . Uang  yang dibutuhkan untuk menghadirkan  Universal Injector cleaner kit yang terdiri dari Hanger, gauge, regulator , dan hose adalah Rp. 5,366 juta jika kita tambah Konektor buat Y***** V***on sebesar Rp. 216 ribu dan tentu cleanernya seharga  Rp. 92 ribu rupiah . . . total dibutuhkan Rp. 5,644 Juta rupiah . .

 

 

Jika dari satu botol universal fuel injector cleaner dapat digunakan untuk service  lima buah kendaraan R-2 injeksi, maka hitungan untuk perkendaraan kurang lebih seperti ini : Biaya bahan habis pakai Rp.20.000.- (buat beli injector cleaner), biaya tetap utk pengembalian modal  Rp. 10.000 (alat-alat dll) dan biaya TK dan Utility Rp 10.000.-....so dengan begitu dapat di perkirakan  Harga Pokok Jasa service ya minimal Rp. 40.000 s/d Rp 50.000.- .

Dari sisi pemilik kendaraan (jika service rutin bulanan atau 3000 Km ) : Saya kira masih masuk hitungan biaya service kendaraan yang jika dipakai minimal 100 Km/hari, maka dalam hitungan bulan kurang lebih sejauh 3000 Km dan jika di ambil perkiraan komponen biaya jasa untuk service adalah Rp 15.- per KM/motor. murah  bro. !! ....(biaya komponen jasa ini dapat di gabung dengan biaya BBM, part, dan surat kendaraan , tergantung pada jenis bbm yang di pakai, cara pemakaian, usia kendaraan dll sehingga dapat diperoleh biaya transpotasi per KM nya).....selamat menghitung deh.!!

Dari sisi pemilik jasa bengkel :  Hitungan Laba Rugi jika misalnya sehari (waktu buka bengkel) dapat memberikan masukan untuk pengembalian modal sistim fuel injector cleaner sebesar Rp. 50.000.- maka titik impas pengembalian modal 5.644/ 50 = perkiraan 113 hari atau 4 bulan sudah Break Even Point. Ayo-ayo semangat !!!.

Tapi tentu saja, pemilik bengkel sekalian harus pula memiliki tenaga mekanik yang terampil untuk menangani proses pembersihan injectornya karena 3M sendiri mensyaratkan Mekaniknya musti profesional . . . (bukan mekanik yang baru pegang kunci pas kemarin sore.......he..he..he..).

Saya pikir kedepan hal ini cukup prospektif karena sepertinya semua motor baru akan menggunakan injeksi . . . tinggal bagaimana kita bisa membuat konektornya saja . ..  karena beda motor beda pula konektor injectornya . . . oke lah kalo begitu, semoga Berguna dan selamat berusaha !!! Salam Sukses.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar