Kamis, 28 Juni 2012

Membuat Sendiri Volt Meter Digital dengan ICL 7107


Sebenarnya Volt meter digital yang sudah jadi banyak dari berbagai macam merek (dari yang abal-abal sampai yang patent, dari yang harga beberapa puluh ribuan sampai yang jutaan) dan ukuran yang kecil sampai yang segede gaban.....pokoknya banyak lah !!! dapat di  pilih sesuai kebutuhan dan ukuran kantong tentunya...he..he..he.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba membuat volt meter digital dengan ICL 7107 yang banyak terdapat di pasaran (utk ukuran Jakarta , Jogyakarta dan Surabaya). Maksud dan tujuan ini adalah dengan dipakai led (7-Segmen Led Display) pada kendaraan bermotor (motor) tentunya akan menambah estetika lebih, dengan warna led yang merah menyala dan penunjukan voltase aki (accu) dari mulai keadaan diam (steady), siap jalan atau dalam keadaan mesin jalan ( bisa terlihat accu terisi dan kiprok / dinamo jalan masih berfungsi atau tidak ) dengan putaran mesin yang bervariasi dan dengan beban kelistrikannya. (untuk bro yang suka pasang aksesoris yang memakai kelistrikan dari yang kelas mili amper sampai beberapa puluh amper) ....lampu tembak misalnya dapat termonitor berapa banyak yang terisi keaccu atau yang keluar dari accu (tekorrr).

Langsung aja deh skematik elektroniknya seperti berikut ini :



Supply Voltage: 5V
Current Consumption: ~ 25mA

Measurement Accuracy:
10A - 100mA Resolution - 99.9 A
5A - 10mA Resolution - 9.99 A
2A - 1mA Resolution - 1.999


Segmen Indikator 7   segmen display

   
Nah kalau sudah jadi seperti ini nih :

Tes dengan menggunakan regulated  power supply, tegangan di set pada potensiometer ; variabel di indikator voltmeter pada power supply di perkirakan 12 volt kurang, setelah di sambung dengan output power suply maka penunjukan sekitar 11,71  Volt


dan penunjukan volt yang tertera di bandingkan lagi dengan volt meter ber merk Fluke dengan penunjukan :


Nah dengan hasil yang di dapat tidak jauh berbeda dengan volt meter buatan luar yang bermerk , maka ke akuratan voltmeter ini dapat di aplikasikan di kendaraan bermotor untuk memantau tegangan yang berada di dalam kepala accu, sehingga dapat memonitor pemakaian arus di Accu dan kiprok atau dinamo jalan.


Ok dahh selamat mencoba !!! keep safety and healty broo.


10 komentar:

  1. mas, itu volt meter atau ampere meter, diskema ada IN sama OUT, in disambung kemana trs yang out disambung kemana
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Om kira2 biayanya habis brapa y? & kira2 pcb'nya ygmodel itu dh ada blm di toko?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli kit (PCB dan komponen sudah komplit dan tinggal solder) ada yang jual di glodok, kalau harganya kurang lebih sekarang 150 rb an.

      Hapus
    2. Mas,,tolong di perjelas dong itu nama dan seri komponennya,,saya lagi butuh niiihh, tolong secepatnya yaa

      Hapus
  3. mas, titip beliin bisa nga kit(PCB dan komponen komplit tinggal soder),sy bth sekali, nti krimkan ke jojgakarta, mnta tolong ya.semoga Alloh membalas kebaikan anda dengan balasan yang berlipat.ini no hp sy : 081.327.04.1497

    BalasHapus
  4. kalau cara mengatur batas ukur nya gimana, misal batas ukurnya 0 - 15V

    BalasHapus
  5. mtrnwn... bleh nanya.mas?? Untuk IC tersebut perlu diprogram ga ya??? kaya IC digital lainnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk IC nya gak perlu program, tapi jenis IC ini sensitif, harus hati" megangnyaa..

      Hapus
  6. Artikel bagus. Tapi bahasanya tidak baku. Alias amburadul.

    BalasHapus
  7. @putri any: lihat konteksnya dong mbak... ini artikel teknik, teknologi tepat guna. Bukan artikel untuk dikirim ke kompas hlm4, yg harus tegak lurus ma EYD.

    BalasHapus