Selasa, 26 Juni 2012

Macam-macam Jenis Pengaduk (Impeller) ..Bagian 1

Beberapa waktu yang lalu saya telah mengupas mengenai jenis pengaduk untuk membuat minyak pelumas, tetapi sebenarnya ada berapa tipe pengaduk yang masing-masing fungsi dan bentuknya berbeda sesuai dengan bahan yang diaduknya serta kekentalannya....ok saya akan coba share di sini, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Oh iya mengenai hitungan-hitungan fisika dan rumus-rumus yang dipakai ada di saya dan akan di kupas di kemudian hari.....tapi kalau butuh bgt buat tugas Desertasi Pasca Sarjana bisa hub ane yak...he..he..he

Pengaduk (Agitator) tipe Jangkar /Anchor

Pengaduk ini mirip dengan jangkar kapal, maka di sebut pengaduk jangkar
Ada banyak aplikasi yang dapat dipakai agitator  yang terintegrasi dengan pengaduk model  jangkar ini.
Impeler tipe jangkar mampu  menyapu permukaan dinding secara menyeluruh  dan meng-agitasi sebagian besar batch cairan melalui kontak fisik.

Dinding pencakar  atau scraper dapat dipasang pada baling impeller jangkar yang berfungsi untuk meningkatkan perpindahan panas melalui dinding tangki pengolahan  dan mencegah tidak lengketnya bahan baku pada dinding tangki.
untuk menambah ratanya sistim pencampuran dapat di kombinasikan dengan agitator ulir
Keuntungan:
Pengaduk Jangkar yang dekat dengan  impeler ini dapat disesuaikan dengan kontur permukaan tangki pengolahan. Pengaduk Jangkar dapat di pakai pada  pencampuran dalam kondisi aliran  laminar dan ditemui dalam aplikasi viskositas tinggi.
Fitur-fitur teknis:
Impeller Jangkar digunakan untuk viskositas cairan antara 5.000 dan 100.000 cP.

Aplikasi produk yang dapat dipakai pengaduk tipe Jangkar adalah :
• Tinta
• Cat
• Saus
• Adhesive / Lem

Pengaduk Jangkar dengan Scraper                  Kombinasi pengaduk Jangkar , scraper dan pengaduk ulir            
          



Pengaduk tipe gerbang
Pengaduk Gerbang digunakan dalam tangki dangkal luas dan untuk bahan viskositas tinggi dengan suhu / temperatur benda kerja  rendah dan dalam kondisi vakum (tidak ada kontak dengan udara luar) , biasanya di gunakan untuk industri minuman atau kosmetik
 
Keuntungan:
Pengaduk gerbang dapat sangat rapat serta sesuai dengan kontur wadah / tangki pengolahan.
Pengaduk gerbang akan  mendapatkan pencampuran yang memadai dalam kondisi laminar aliran ditemui dalam aplikasi viskositas tinggi. Ini impeler menyapu permukaan dinding seluruh kapal dan mengagitasi sebagian besar batch cairan melalui kontak fisik.

Beberapa desain termasuk ber-engsel pencakar untuk meningkatkan perpindahan panas dengan dinding dan tidak lengket/ bahan tidak berwarna

Kecepatan poros pengaduk gerbang adalah rendah dan di perlukan gearbox / rasio gigi yang besar antara motor dan shaft/batang pengaduk gerbang.
digunakan atmosfer tertutup atau bertekanan / vakum penggunaan

Fitur-fitur teknis:
Impeler anchor digunakan untuk viskositas cairan antara 5.000 dan 100.000 cP

Aplikasi Pemakaian :
• Krim Penuaan
• Yoghurt
• Keju lembut
• Souses

Gambar di bawah tipe pengaduk Gerbang (Gate)
      



Pengaduk  Pita Spiral ( Helixal Axial)

Pengaduk Pita Spiral dirancang terutama gerakan pencampuran cairan yang berbeda kekentalannya atau  beda dalam bentuk misalnya butiran padatan yang dilarutkan (dalam proses 'penggantian cairan'). Seperti sebuah impeller dapat dirancang dengan spiral bagian dalam tambahan yang digunakan untuk memompa ke arah yang berlawanan. Hal ini diperlukan untuk pencampuran bahan viskositas tinggi. Ini impeler juga dapat memiliki dua helixes luar. Kualitas produk campuran akhir dalam aplikasi ini dapat menjadi sangat penting secara ekonomi dan di harapkan merata dalam satu batch proses.
Dinding pencakar dapat dipasang pada baling impeller untuk membantu meningkatkan perpindahan panas dan homogenitas dalam produk agar tidak lengket dengan dinding tangki.

Fitur-fitur teknis:
Cocok untuk viskositas yang sangat tinggi hingga 25.000.000 cps
Kegunaan:
Kebanyakan pabrik kimia,  industri proses dan pengolahan.  Pengaduk ini cocok  untuk aplikasi viskositas tinggi. Misalnya pencampuran polimer tanaman,  industri makanan,  atau industri yang memakai proses / aplikasi viskositas tinggi seperti pencampuran : Krim, Lotion, Pasta.
 
Gambar Pengaduk  Pita Spiral dengan scraper

    

Bersambung di part (2)

6 komentar:

  1. Mas, Kalo mau bikin dimana ya?

    BalasHapus
  2. Saya kemarin buat melalui kontraktor lokal juga sudah bisa. Asal informasi mengenai spesifikasi teknik, material , alat-alat dll lengkap dengan perhitungannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas eko kiswanto saya kebetulan tertarik dgn mixer krn usaha saya dibidang chemical dan berkaitan dengan polymer dan surfactan,oh iya mas klo mw order bikin dimana ya mas,apakah ada referensi dari kas,kebutuhan saya adalah hanya sebagai mixer untuk mengencerkan polymer dan surfactan yg kental dilarutkan dengan air mas,adapun kebutuhan saya untuk capasity sekitar 2000 liter minimum mas,mohon agar dapat mengubungi saya via WHATS APP DI 081349762709

      Hapus
  3. mas saya tertarik masalah jenis baling2.,.. andaikata digunakan utk kapal selam,.. yg daya dorong paling kuat dan paling sunyi(jika diameter baling2nya sama)... bentunya seperti apa,mnrt anda? lalu.. apakah dgn baling2 bertingkat(misal 3),.. gaya utk memutar(baling2 tsb) berbanding lurus dgn hasil daya dorongnya? jika dibandingkan dgn daya memutarnya yg sama, mana yg daya dorongnya lebih kuat,yg tunggal atau bertingkat?.. terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Kasano , kalau untuk jenis dan tipe baling-baling untuk kapal selam, tentunya tipe mengenai daya dorong baling-baling yang paling kuat tentunya jenis marine blade yang optimal pada saat ini (single) , tapi mengenai kekuatan mendorong, tentunya di tentukan oleh jenis dan dinamo listrik yang tersambung dengan propeller tsb. sedangkan tingkat kesunyian dapat dilihat dari mulai ketika baling-baling tersebut mulai memutar, apakah smooth atau kencang (ini juga tergantung dari kapten kapal) serta mesin utama dan auxilary , apakah memakai energi nuklir atau bahan bakar fosil.
      Daya dorong untuk kapal selam di telah di hitung sesuai dengan spesifikasi kapal selam, apakah pada waktu dive atau menghilang (belok tiba-tiba) semuanya berbanding lurus dengan daya yang di hasilkan oleh mesin (engine output).

      Hapus