Kamis, 20 September 2012

Pengetahuan Tentang Pompa Air

Hampir di setiap rumah di Indonesia  pada umumnya pasti memiliki / ada Pompa Air Listrik dari berbagai macam   ukuran dan daya , sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Seperti apakah rangkaian listrik dari pompa air tersebut ??? di bawah ini ada  gambar mengenai diagram kelistrikan pompa air. 

Rangkaian Listrik pompa air terdiri dari beberapa bagian antara lain:

Box Terminal, berfungsi untuk melindungi rangkaian listrik atau sambungan kabel-kabel dari pengaruh luar, seperti air atau benturan benda lain. Pada box terminal terdapat sambungan kabel dari dinamo/motor, kapasitor, dan kabel dari steker listrik.

Kabel, berfungsi untuk meneruskan arus listrik ke motor penggerak, kabel yang dikeluarkan dari motor pompa air biasanya tiga buah, walaupun ada yang memakai empat, tapi rata-rata pompa air memakai tiga buah karena sambungan dibikin didalam lilitan kawat pompa air. Kabel yang dipakai umumnya berwarna merah, putih (abu-abu), dan hitam. Kabel warna merah menghubungkan kapasitor dengan lilitan Sub coil, kabel hitam menghubungkan sub coil dan main coil, yang melewati termostat/protector. kabel warna putih (abu-abu) dihubungkan dari kapasitor dan main coil. Seperti diagram dibawah ini.

 

Dari koil yang ada dan memakai prinsip elektro motor yang dipakai energi listrik akan di ubah menjadi  energi gerak , dalam hal ini akan memutar as pompa  sampai berapa RPM (Rotation Per Minute / putaran per menit)  yang diujungnya tersambung dengan bilah-bilah dan sudu  pompa yang akan membuat ke vakuman ruang pompa sehingga akan mempunyai daya hisap yang pada akhirnya akan memompakan air dari bawah tanah /atau saluran pipa PAM atau  memindahkan air dari satu tempat ke tempat lainnya.

Coil atau gulungan kawat tembaga yang ada di dalam pompa ada nilai standarnya ;

Berikut ini saya tampilkan nilai standar gulungan pompa air :
Daya Pompa Air Ukuran kawat
(Watt)     Sub Coil                           Main Coil            Jumlah Lilitan
100                0,40                           0,30                       300 – 400
125                0,45                           0,30                       250 – 350
250                0,70                           0,50                       220 – 250
300                0,80                           0,60                       150 – 220
400                0,85                           0,70                       100 – 200
500                0,90                           0,70                       90 – 100
600                1,10                           0,90                       80 – 100

54 komentar:

  1. Artikel Bapak Eko sangat menarik dan memberikan ide kepada kami untuk membuat panduan juga. Perkenalkan kami dari PT Esparindo Dayamegah yang bergerak di bidang air. Kami mohon ijin untuk memberikan masukan kepada Bapak Eko bilah diperbolehkan.

    Bila diijinkan untuk koreksi, pada jenis pompa nomor 4 untuk sumur sangat sangat dalam sebenarnya adalah Submersible Deep Well Pump yang kadang nama lainnya yang suka disebut orang adalah Pompa Satelit atau Pompa Bambu. Pada foto yang Bapak pasang adalah merupakan pompa submersible biasa. Umumnya pompa deep well biasa Maximum Head yang bisa didorong hanya berkisar antara 5 s.d 20 m kecuali menggunakan merek merek ternama seperti halnya pompa Flygt atau Homa. Akan tetapi karena Bapak menyebutkan sumur, maka berarti yang benar adalah pompa deep well submersible pump. Sayang saya tidak bisa memasukan gambarnya di sini.

    Kalau boleh saya tambahkan lagi, di bagian TIPS juga ditambahkan ukuran pipa outlet harus sama atau lebih besar dari spesifikasi pompa. Karena bila pipa outlet lebih kecil dari yang ditetapkan pompa, sudah pasti akan terjadi penurunan debit dan tekanan. Kami mempunyai artikel yang memberikan penjelasan hal tersebut yang bisa Bapak Eko lihat di sini.

    Semoga informasi ini dapat membantu dan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk memberikan masukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak saya mau tanya dong. Kalau pemasangan satelite air di perumahan untuk pribadi, itu berpengaruh tidak untuk pompa air milik warga yang lainnya?

      Apa harus memakai izin juga untuk pemasangan satelit air ini? Terimakasih

      Hapus
    2. Pak saya mau tanya dong. Kalau pemasangan satelite air di perumahan untuk pribadi, itu berpengaruh tidak untuk pompa air milik warga yang lainnya?

      Apa harus memakai izin juga untuk pemasangan satelit air ini? Terimakasih

      Hapus
  2. om om..
    kelebihan dan kekurangannya juga om diposting!

    BalasHapus
  3. mo tanya ni bang... klo knp ya body pompa terdapat strum, trus lagi nilai kapasitor apabila ditambah bagus apa dampaknya, mksh

    BalasHapus
  4. Kalau Bodi / rumah pompa terdapat bocoran arus listrik , artinya ada kebocoran arus listrik. Dapat di periksa dengan menggunakan multitester, kalau ada segera perbaiki kebocoran arus tersebut, jika tidak ada kebocoran, tambahkan grouding /arde yang dapat di buat dengan memakai kabel yang di masukan ke dalam pipa selongsong pompa sampai menyentuh permukaan air


    Jika pemasangan kapasitor yang tepat (mendekati resistif) dapat memperbaiki faktor daya menjadi 0.92 ? 0.95 (diatas standar PLN 0.85). Sedangkan pemasangan kapasitor yang berlebihan akan menyebabkan arus nominal menjadi semakin besar akibat dari arus kapasitor yang semakin besar. Hal ini menyebabkan daya reaktif dan daya nyata lebih besar dibandingkan dengan kondisi mendekati resistif.

    Dampaknya tidak langsung terhadap pompa mungkin terlalu signifikan/berpengaruh, tetapi terhadap rekening listrik yang akan lebih mahal.

    Semoga dapat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya pak,yang jual ketas mika di ma
      na ya

      Hapus
  5. salam kenal pak,
    mohon petunjuk dari bpk mengenai permasalahan yg sy hadapi.

    dalam waktu dekat ini sy berencana memulai usaha budidaya ikan hias koi. permasalahan yg sy hadapi adalah pengadaan air bersih.
    sudah 3 penyedia jasa sumur bor sy panggil kelokasi. tp semua gagal krn lokasi sy penuh dengan bebatuan pd kedalaman 8m.

    belakangan sy dpt info dr warga setempat terdapat mata air yg sangat besar debit air nya. namun jarak mata air ke lokasi kolam sy cukup jauh, sekitar 100m dengan kemiringan 7-8m (kolam sy lbh tinggi)

    yang jadi pertanyaan sy,
    apakah mungkin sy mengalirkan air dari mata air tersebut ke kolam sy?
    lalu mesin dengan spesifikasi seperti apa yg harus dipakai?

    mohon petunjuk dari Bpk.
    terima kasih



    BalasHapus
  6. tanya pak, pompa airq harus diputar dulu baling2nya, baru bisa beroprasi, stelah saya ganti kapasitornya kok tetep g bsa muter sdri ya !? Apa salah nyambung kabelnya .

    BalasHapus
  7. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan pompa harus di putar dulu baling-balingnya antara lain :
    1. Didalam bilah pompa di duga ada kotoran berupa pasir atau tanah yang tersedot. bukalah tutup pompa dengan hati-hati agar packingnya tidak rusak. periksa dan bersihkan bilah pompa.
    2. Bearing / laher atau bantalan as pompa yang sudah aus sedikit juga dapat mengakibatkan pompa harus di putar dahulu. solusinya periksa dan ganti jika perlu bearing dan bantalan pompanya.

    terima kasih, mudah-mudahan dapat membantu. salam

    BalasHapus
  8. info bermanfaat
    semoga bermanfaat - salam kenal buat Bapak Ir Eko kiswanto SE

    BalasHapus
  9. Salam Kenal,
    Mohon Pencerahan Pak Eko, saya lg belajar menggulung spul pompa air merk panasonic, sdh beberapa kali mencoba spul selalu terbakar, kira kira selain karena kawat terkelupas, apa yg menyebabkan gulungan kawat tembaga bisa terbakar, atau mungkin bapak punya trik khusus cara memasukkan kawat tembaga ke alurnya, terima kasih sebelumnya pak Eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh..belajar harus diawasi yg ahli biar tau salahnya..sebaiknya ketika menggulung ulang ditiru atau dikembalikan aslinya(Klo Blm pernah digulung ulang) Klo belum hafal...termasuk jumlah lilitan dan diameter kawat tembaganya...Klo sdh sesuai asalnya..pastikan kutub2 magnet arah hubungannya benar atau sesuai aslinya...Klo semua sdh bnar sesuai aslinya...tes dlu hasil gulungan dengan body kumparan/stator menggunakan multitester posisi ohm meter..apakah ada short circuit atau gunung singkat..kalau semua sdh bnr dan sesuai aturan..coba dirakit kembali pompa dan ditest jalankan dengan listrik..ditest jg dengan ampere meter untuk melihat besar arus listrik yg mengalir..sdh sesuai apa terlalu besar..Klo terlalu besar bisa terbakar.

      Hapus
  10. Dear P.Eko,
    Saya punya Dinamo bekas semi jet pump hitachi thn 1995 ( asli Jepang), dinamo sudah lemah, rencananya dinamo akan sy pakai sebagai pemutar alat pemotong kayu( Tablesaw )
    kalo say lihat dari tabel standard gulungan yg bpk tulis , specifikasi mana yang baik dan sesuai dengan mesin saya agar rpm nya maksimal dan mesin tetap dingin. terima kasih atas solusinya dan artikelnya cukup bermanfaat, Bekasi

    BalasHapus
  11. Pak Eko,
    saya punya mesin pompa air SANYO PH-150. bagaimana saya memastikan jenis besaran kapasitor yg di gunakan? kebetulan kapasitor lamanya hilang tercecer dan tidak sempat melihat specnya. saya menggunakan untuk memompa air ke penampungan air yg di pasang di lt 4 (mesin poma di lantai dasar). tx

    BalasHapus
  12. Dear Pak Eko, artikel anda sangat bermanfaat bagi saya.
    Dan saya ada pertanyaan, apakah mesin jet pump berfungsi dengan baik bila hanya menggunakan 1 pipa hisap saja. Dan kalau berfungsi apa dampaknye terhadap daya hisap mesin?
    Mohon jawabannya Pak Eko
    Trims.

    BalasHapus
  13. Silahkan hubungi Service and Information centre FIRMAN, distributor dan dealer dealer terdekat di kota anda untuk kebutuhan pompa air jenis apapun untuk dipakai di mana saja. Pompa FIRMAN telah ber – SNI, Terbukti Tangguh. http://PompaAirFirman.com/

    BalasHapus
  14. saya pakai pompa air DAB model AQUA 125A kata tukang servis kapasitornya sudah mati,setelah diganti muter hanya sekitar 2 menit setelah itu mati,sekitar 2 menit mati muter lagi dst ( seperti pakai timer) padahal mesin tdk pakai timer.....apa penyebabnya mohon bantuannya.....kapasitor asli tulisan sudah ke hapus,yang baru uF 12.5 + - 5% merk Voylet capasitor R5003912#

    BalasHapus
  15. Merk pompa saya SHIMIZU tipe PS 130 BIT, biasanya air pancingannya kurang sebanyak kira-kira 250 ml (lebih kurang satu gelas), yg saya perhatikan cuma air yang dimesin pompa saja yang kurang. Kalo klep bocor seharusnya kan pasti banyak air yang harus ditambahkan karena pipa sedotnya sekitar 8 m lebih. Setiap pagi harus dipancing setelah mesin gak dijalankan dari malam hari. Jadi saya bingung, air yang di mesin itu kemana? apa mungkin seal yang rusak? tapi seal yang mana? yang tabung pemancing, atau mesin pemutar (yang dibawah warna kuning)? mohon penjelasannya mas eko.
    trimakasih

    BalasHapus
  16. Pak Eko, mohon sarannya.
    Saat ini saya akan menempati rumah baru dan oleh developer sudah dipasangkan pompa sumur dangkal (pompa biasa) dan airnya pun sudah cukup baik mengalir.
    Namun tetangga kanan dan kiri saya memakai pompa jet pump.
    Apakah nantinya saya akan kekurangan air oleh karena tersedot oleh tetangga kanan dan kiri ? Apakah saya juga harus mengikuti memakai Jet Pump ?
    Mohon saran dan masukkan ya.

    BalasHapus
  17. Terima kasih,
    Artikel yang bermanfaat.
    saya menjual pompa air dengan merk Lowara, mungkin ada yang membutuhkan.

    BalasHapus
  18. Mau tanya Mas Eko....mesin air saya kalau dicolok mesinnya lama baru nyala mesti ditungguin kadang sampai 30 menitan baru nyala sendiri...itu kenapa Mas....

    BalasHapus
  19. Mau tanya Mas Eko....mesin air saya kalau dicolok mesinnya lama baru nyala mesti ditungguin kadang sampai 30 menitan baru nyala sendiri...itu kenapa Mas....

    BalasHapus
  20. Tlng masakannya mas eko, saudara saya bru saja mengganti pompa air (jet pump)/dan ternyata di haruskan membor ulang karena lubang bor kurang besar utk pompa yg dia beli karena menggunakan d haruskan menggunakan 2 pipa dlm lubnag bor...apakah ada solusi lain tanpa harus membor ulang (memperlebar)...?

    BalasHapus
  21. mau tanya bapak-bapak ahli pompa, saya punya pompa PC 375 Bit dayat hisap 40 meter, air permukaan tinggi 21 meter, pompa kondisi baik, tinggi sumur 40 meter, tapi kenapa debit airnya kecil,...mohon bantuannya,..

    BalasHapus
  22. mau tanya bapak-bapak ahli pompa, saya punya pompa PC 375 Bit dayat hisap 40 meter, air permukaan tinggi 21 meter, pompa kondisi baik, tinggi sumur 40 meter, tapi kenapa debit airnya kecil,...mohon bantuannya,..

    BalasHapus
  23. http://azraziana.blogspot.com/2014/12/membuat-sumur-bor-baru.html

    BalasHapus
  24. seputaran solusi air narik air bersih di tanah

    http://azraziana.blogspot.com/2014/12/membuat-sumur-bor-baru.html

    BalasHapus
  25. Makasih ini sangat membantu memecahkan masalah.bihun

    BalasHapus
  26. Makasih ini sangat membantu memecahkan masalah.bihun

    BalasHapus
  27. Giman cara menyambung kapasitor dab vista model AQUA 125c

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dengan sambungan.pompa air lainnya..cek google skematik diagram sambu.gan kapasitor pada kumparan pompa..

      Hapus
  28. Bermanfaat sekali...semoga sukses. Salam Kenal..

    BalasHapus
  29. Saya punya pompa air logo panasonic. Pada saat running pompa nya tiba tiba stop.. seperti lengket baling baling nya.. setelah saya putus arus dan saya putar manual.. baling baling nya lancar aja. Kira kira apa yang menyebab kan itu ya? Mohon bantuannya pak.. salam kenal

    BalasHapus
  30. Bagus ini untuk belajar. Tapi bila ingin mudah dan praktis bisa coba di Permisi gan, mantap nih. Nitip lapak buat yang butuh jasa servis pompa dan perbaikan pompa air di daerah jakarta depok dan bekasi
    https://hydocoteknik.com/2016/06/03/servis-pompa-air-tangerang-dan-jakarta-selatan/

    BalasHapus
  31. Saya cova skema di atas tp pompa malahan berputar terbalik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya sambungan pada kapasitor harus dibalik...fb@raden mas mangkubumi

      Hapus
  32. pak,kok gambarnya gak pada nongol ?
    tongolin lg dong pak

    BalasHapus
  33. Dengan Horma...

    Door to Door Freight Services kami import milik perusahaan & dan barang milik swasta. Kami mengkhususkan diri dalam pengiriman pintu ke pintu internasional & layanan pengiriman untuk perusahaan berukuran kecil dan menengah yang mengimpor dan / atau mengekspor barang. Apakah Anda memiliki muatan FCL (muatan kontainer penuh) atau muatan LCL (kurang dari muatan kontainer), di Door to Door Freight, kami mengurus semua persyaratan impor dan ekspor Pabean dan logistik Anda untuk memastikan Anda bebas dari kerumitan pengiriman gratis dengan harga yang kompetitif.

    Hp : 0821 10279721
    Email : Randi.import@gmail.com
    Up : Randi


    Service Kami Meliputi Antara Lain:

    1. Customs Clearance / Handling EMKL/ EMKU, EKSPOR, IMPOR,
    2. Door to Door Service ASIA, EROPA, AMERIKA
    3. Undername Consignee/ QQ Impor ( LEGALITAS REKANAN )
    4. All In ( Borongan) Harga NEGO

    HARGA UNTUK IMPORT DOOR TO DOOR SERVICE KAMI MELIPUTI :

    1. RATE AIR & SEA FREIGHT KE INDONESIA ALL IN
    2. RATE INCLUDING TAXES & DUTY DI INDONESIA
    3. DOOR DELIVERY KE ALAMAT CUSTOMERS DI INDONESIA
    4. RATE INCLUDING SAC FEE (COST TRANSHIPMENT )
    5. ALL CUSTOMS CLEAREANCE DI PORT ORIGIN DAN INDONESIA
    6. ALL LOCAL HANDLING PORT ORIGIN & INDONESIA
    7. UNDERNAME DOCUMENT DI INDONESIA
    8. ALL TRUCKING FREE BIAYA ANTAR KE ALAMAT CUSTOMERS DI JABOTABEK AREA


    NOTE :
    UNTUK CARGO IMPORT DOOR TO DOOR EX USA - EUROPA - ASIA
    AUSTRALIA INCLUDING TAXES AND DUTY DOCUMENT YANG
    KAMI BUTUHKAN SANGAT SIMPLE : INVOICE DAN P. LIST SAJA SUDAH CUKUP UNTUK DOCUMENT PENDUKUNG LAIN NYA KAMI AKAN SUPPORT DENGAN SERVICE UNDERNAME ( FREE)

    Hp : 0821 10279721
    Email : Randi.import@gmail.com
    Up : Randi

    BalasHapus
  34. maaf om , minta sarannya donk . ini masalah pompa air di rmah saya kok kecil ny ? udh beberpa kali d service tpi tetap sama aja . air yg keluar kecil

    BalasHapus
  35. Cara menyambungkan kabel pompa submersible pump yang memiliki 4 warna kebel berbeda yaitu warna kuning,biru. hitam,hijau. Dengan 3 warna kabel yaitu warna kuning,biru ,hijau. Itu gimana caranya ya om..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg hitam itu langsung ke line atau sumber ac biasanya

      Hapus
    2. Hitam dihubungkan dgn 1 ujung lilitan utama dan bantu(jumper) dan disambung pada 1 kabel ke sumber ac
      1 ujung lilitan bantu disambung 1 kaki kapasitas dan 1 kabel ke sumber ac
      1 ujung lilitan utama yg lain lagi disambung ke 1 kaki kapasitas yg lain
      Fb@raden mas mangkubumi

      Hapus
  36. Mau tanya kalau ada pompa daya dorongnya 40 m, kemana arah dorongan itu, apakah arah ke atas/ pertikal atau ke arah datar/ horisontal

    BalasHapus
  37. sip informasinya. jadi lebih tau tentang pompa air, dan perangkatnya seperti klem sadel
    .

    BalasHapus
  38. Maf mau tanya gan, berapa rpm kecepatan maksimal sebuah mesin air, dan bagaimana cara mengetahuinya

    BalasHapus
  39. numpang share info gan... pompa air sering terbakar... modifikasi segera dengan rangkaian kontrol elektronik dari kami. Hubungi 081218127854. Tks gan.

    BalasHapus
  40. Prediksi togel hongÄ·ong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

    https://www.klik4d.pw/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-17-oktober-2019/

    https://www.klik4d.pw/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-27-november-2019/

    INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
    INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

    Agen Togel BOLAVITA
    BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

    PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
    2D = 29,25%
    3D = 59,25%
    4D = 66%

    PERMAINAN TOGEL Isin4D :
    2D = 30%
    3D = 59%
    4D = 66%

    Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  41. Pak.Eko mau tanya
    Kapasitornya ukuran berapa ? untuk sibel kedalaman 60 permukaan 40
    Terima kasih

    BalasHapus
  42. Mau tanya pk eko saya baru pasang jet pump dgn spesifikasi dya hisap 40 dya dorong 40 .daya listrik 350 wat ..listrik rumah saya daya 900 wat tapi knp kog gak kuat apakah kabel pemhubung kurang besar atau gimana soalnya dari sumur sampai rumah ber jarak seratus meter .mohon solusinya

    BalasHapus