Minggu, 02 September 2012

Pembuatan Instalasi Pemanas Tangki Homogenizer



Pada beberapa artikel terdahulu saya telah menshare beberapa jenis tangki / homogenizer / blending (pengadukan), bagaimana jika dalam proses tersebut di butuhkan panas tertentu sebagai bagian dari proses untuk mempercepat tujuan dari proses pengadukan yaitu meratanya campuran (homogen).
Sumber panas pada kesempatan ini  saya akan membahas sistim yang berasal dari steam atau uap sebagai penghantar panas. Steam di hasilkan dari ketel uap yang biasa kita kenal dengan Boiler. (Kalau sistem untuk pemanas listrik atau penggunaan heat tranfer oil akan saya share pada beberapa artikel terpisah  nanti) !!

Saya ambil sistem pemanasan dengan steam dari main line (jalur utama penghantar) , steam atau uap masuk kedalam separator yang fungsi utamanya adalah memisahkan antara steam (uap air) dan air (Cair). Uap akan di lanjutkan ke dalam sistim dan air (uap jenuh yang sudah berupa cairan) akan langsung di kembalikan ke dalam sistem sirkulasi penampungan air proses   (condensate) agar dapat di pakai lagi sebagai bahan  baku  uap (water feeder boiler).
Pemakaian valve / kerangan / katub buka tutup, selain berfungsi sebagai regulator tekanan yang masuk juga berfungsi sebagai penutup dan pembuka sistim jika ada kebocoran /kerusakan atau untuk perawatan sistem.
             

Fig. 7.2.5  Typical arrangement showing a high limit cut-out on DHWS heat exchanger
Fig. 7.2.7  Twin sensor adaptorFig. 7.2.8  Manual actuator

Fig. 7.2.9 Spacer











Setelah Valve terdapat alat kontrol / pengendali panas (tiga gambar di atas) yang cara kerjanya di dasarkan pada temperatur sensor didalam tangki pengadukan. katub / valve ini bekerja ada yang  berdasarkan pneumatik (menggunakan air compressor / sistim kevakuman) , ada yang menggunakan listrik (dinamo servo)  dan ada juga yang berdasarkan spring yang berdasarkan pada tekanan (sebagai gambaran kunci momen) yang akan membuka jika kekuatan yang di inginkan telah terlampaui (gambar diatas).
Keluaran dari pengendali panas ini di amankan oleh katup pengaman (safety Valve) sebelum masuk kedalam koil pemanas (hot spring) yang melekat pada dinding tangki. 
Perbedaan antara tangki pengaduk untuk bahan makan / pelumas / kimia di tentukan material bahan pembuatan tangki (berdasar regulasi yang di keluarkan oleh  pemerintah / negara masing-masing). Misalnya untuk foodgrade (untuk makanan bisa dipakai bahan stainless steel 314 atau jika untuk minyak dapat menggunakan besi baja campuran) dll.
Keluaran dari koil pemanas ada sistim yang bernama steam trap system (Sistim perangkap steam). fungsi dari sistem  alat ini adalah menahan steam (uap air) agar tidak terbuang /keluar dari sistem pemanasan  dan mengeluarkan air yang berada di dalam sistem. sistem perangkat ini terdiri dari katub /valve sebelum masuk kedalam trap, steam trap, katub /valve setelah trap dan katub by pass. Air keluaran ini dapat di tampung lagi ke dalam penampungan kondensat agar dapat dijadikan masukan lagi ke dalam sistem pemanas karena temperaturnya masih panas dan dapat menghemat pemakaian bahan bakar karena masih tersimpan energi panasnya.

Ok cukup sekian dulu semoga bermanfaat dan nanti dilanjutkan pada artikel-artikel selanjutnya yang lebih menarik lagi. !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar