Kamis, 20 September 2012

Pengetahuan Tentang Pompa Air

Hampir di setiap rumah di Indonesia  pada umumnya pasti memiliki / ada Pompa Air Listrik dari berbagai macam   ukuran dan daya , sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Seperti apakah rangkaian listrik dari pompa air tersebut ??? di bawah ini ada  gambar mengenai diagram kelistrikan pompa air. 

Rangkaian Listrik pompa air terdiri dari beberapa bagian antara lain:

Box Terminal, berfungsi untuk melindungi rangkaian listrik atau sambungan kabel-kabel dari pengaruh luar, seperti air atau benturan benda lain. Pada box terminal terdapat sambungan kabel dari dinamo/motor, kapasitor, dan kabel dari steker listrik.

Kabel, berfungsi untuk meneruskan arus listrik ke motor penggerak, kabel yang dikeluarkan dari motor pompa air biasanya tiga buah, walaupun ada yang memakai empat, tapi rata-rata pompa air memakai tiga buah karena sambungan dibikin didalam lilitan kawat pompa air. Kabel yang dipakai umumnya berwarna merah, putih (abu-abu), dan hitam. Kabel warna merah menghubungkan kapasitor dengan lilitan Sub coil, kabel hitam menghubungkan sub coil dan main coil, yang melewati termostat/protector. kabel warna putih (abu-abu) dihubungkan dari kapasitor dan main coil. Seperti diagram dibawah ini.

 

Dari koil yang ada dan memakai prinsip elektro motor yang dipakai energi listrik akan di ubah menjadi  energi gerak , dalam hal ini akan memutar as pompa  sampai berapa RPM (Rotation Per Minute / putaran per menit)  yang diujungnya tersambung dengan bilah-bilah dan sudu  pompa yang akan membuat ke vakuman ruang pompa sehingga akan mempunyai daya hisap yang pada akhirnya akan memompakan air dari bawah tanah /atau saluran pipa PAM atau  memindahkan air dari satu tempat ke tempat lainnya.

Coil atau gulungan kawat tembaga yang ada di dalam pompa ada nilai standarnya ;

Berikut ini saya tampilkan nilai standar gulungan pompa air :
Daya Pompa Air Ukuran kawat
(Watt)     Sub Coil                           Main Coil            Jumlah Lilitan
100                0,40                           0,30                       300 – 400
125                0,45                           0,30                       250 – 350
250                0,70                           0,50                       220 – 250
300                0,80                           0,60                       150 – 220
400                0,85                           0,70                       100 – 200
500                0,90                           0,70                       90 – 100
600                1,10                           0,90                       80 – 100

17 komentar:

  1. Artikel Bapak Eko sangat menarik dan memberikan ide kepada kami untuk membuat panduan juga. Perkenalkan kami dari PT Esparindo Dayamegah yang bergerak di bidang air. Kami mohon ijin untuk memberikan masukan kepada Bapak Eko bilah diperbolehkan.

    Bila diijinkan untuk koreksi, pada jenis pompa nomor 4 untuk sumur sangat sangat dalam sebenarnya adalah Submersible Deep Well Pump yang kadang nama lainnya yang suka disebut orang adalah Pompa Satelit atau Pompa Bambu. Pada foto yang Bapak pasang adalah merupakan pompa submersible biasa. Umumnya pompa deep well biasa Maximum Head yang bisa didorong hanya berkisar antara 5 s.d 20 m kecuali menggunakan merek merek ternama seperti halnya pompa Flygt atau Homa. Akan tetapi karena Bapak menyebutkan sumur, maka berarti yang benar adalah pompa deep well submersible pump. Sayang saya tidak bisa memasukan gambarnya di sini.

    Kalau boleh saya tambahkan lagi, di bagian TIPS juga ditambahkan ukuran pipa outlet harus sama atau lebih besar dari spesifikasi pompa. Karena bila pipa outlet lebih kecil dari yang ditetapkan pompa, sudah pasti akan terjadi penurunan debit dan tekanan. Kami mempunyai artikel yang memberikan penjelasan hal tersebut yang bisa Bapak Eko lihat di sini.

    Semoga informasi ini dapat membantu dan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk memberikan masukan.

    BalasHapus
  2. om om..
    kelebihan dan kekurangannya juga om diposting!

    BalasHapus
  3. mo tanya ni bang... klo knp ya body pompa terdapat strum, trus lagi nilai kapasitor apabila ditambah bagus apa dampaknya, mksh

    BalasHapus
  4. Kalau Bodi / rumah pompa terdapat bocoran arus listrik , artinya ada kebocoran arus listrik. Dapat di periksa dengan menggunakan multitester, kalau ada segera perbaiki kebocoran arus tersebut, jika tidak ada kebocoran, tambahkan grouding /arde yang dapat di buat dengan memakai kabel yang di masukan ke dalam pipa selongsong pompa sampai menyentuh permukaan air


    Jika pemasangan kapasitor yang tepat (mendekati resistif) dapat memperbaiki faktor daya menjadi 0.92 ? 0.95 (diatas standar PLN 0.85). Sedangkan pemasangan kapasitor yang berlebihan akan menyebabkan arus nominal menjadi semakin besar akibat dari arus kapasitor yang semakin besar. Hal ini menyebabkan daya reaktif dan daya nyata lebih besar dibandingkan dengan kondisi mendekati resistif.

    Dampaknya tidak langsung terhadap pompa mungkin terlalu signifikan/berpengaruh, tetapi terhadap rekening listrik yang akan lebih mahal.

    Semoga dapat bermanfaat

    BalasHapus
  5. salam kenal pak,
    mohon petunjuk dari bpk mengenai permasalahan yg sy hadapi.

    dalam waktu dekat ini sy berencana memulai usaha budidaya ikan hias koi. permasalahan yg sy hadapi adalah pengadaan air bersih.
    sudah 3 penyedia jasa sumur bor sy panggil kelokasi. tp semua gagal krn lokasi sy penuh dengan bebatuan pd kedalaman 8m.

    belakangan sy dpt info dr warga setempat terdapat mata air yg sangat besar debit air nya. namun jarak mata air ke lokasi kolam sy cukup jauh, sekitar 100m dengan kemiringan 7-8m (kolam sy lbh tinggi)

    yang jadi pertanyaan sy,
    apakah mungkin sy mengalirkan air dari mata air tersebut ke kolam sy?
    lalu mesin dengan spesifikasi seperti apa yg harus dipakai?

    mohon petunjuk dari Bpk.
    terima kasih



    BalasHapus
  6. tanya pak, pompa airq harus diputar dulu baling2nya, baru bisa beroprasi, stelah saya ganti kapasitornya kok tetep g bsa muter sdri ya !? Apa salah nyambung kabelnya .

    BalasHapus
  7. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan pompa harus di putar dulu baling-balingnya antara lain :
    1. Didalam bilah pompa di duga ada kotoran berupa pasir atau tanah yang tersedot. bukalah tutup pompa dengan hati-hati agar packingnya tidak rusak. periksa dan bersihkan bilah pompa.
    2. Bearing / laher atau bantalan as pompa yang sudah aus sedikit juga dapat mengakibatkan pompa harus di putar dahulu. solusinya periksa dan ganti jika perlu bearing dan bantalan pompanya.

    terima kasih, mudah-mudahan dapat membantu. salam

    BalasHapus
  8. info bermanfaat
    semoga bermanfaat - salam kenal buat Bapak Ir Eko kiswanto SE

    BalasHapus
  9. Salam Kenal,
    Mohon Pencerahan Pak Eko, saya lg belajar menggulung spul pompa air merk panasonic, sdh beberapa kali mencoba spul selalu terbakar, kira kira selain karena kawat terkelupas, apa yg menyebabkan gulungan kawat tembaga bisa terbakar, atau mungkin bapak punya trik khusus cara memasukkan kawat tembaga ke alurnya, terima kasih sebelumnya pak Eko

    BalasHapus
  10. Dear P.Eko,
    Saya punya Dinamo bekas semi jet pump hitachi thn 1995 ( asli Jepang), dinamo sudah lemah, rencananya dinamo akan sy pakai sebagai pemutar alat pemotong kayu( Tablesaw )
    kalo say lihat dari tabel standard gulungan yg bpk tulis , specifikasi mana yang baik dan sesuai dengan mesin saya agar rpm nya maksimal dan mesin tetap dingin. terima kasih atas solusinya dan artikelnya cukup bermanfaat, Bekasi

    BalasHapus
  11. Pak Eko,
    saya punya mesin pompa air SANYO PH-150. bagaimana saya memastikan jenis besaran kapasitor yg di gunakan? kebetulan kapasitor lamanya hilang tercecer dan tidak sempat melihat specnya. saya menggunakan untuk memompa air ke penampungan air yg di pasang di lt 4 (mesin poma di lantai dasar). tx

    BalasHapus
  12. Dear Pak Eko, artikel anda sangat bermanfaat bagi saya.
    Dan saya ada pertanyaan, apakah mesin jet pump berfungsi dengan baik bila hanya menggunakan 1 pipa hisap saja. Dan kalau berfungsi apa dampaknye terhadap daya hisap mesin?
    Mohon jawabannya Pak Eko
    Trims.

    BalasHapus
  13. Silahkan hubungi Service and Information centre FIRMAN, distributor dan dealer dealer terdekat di kota anda untuk kebutuhan pompa air jenis apapun untuk dipakai di mana saja. Pompa FIRMAN telah ber – SNI, Terbukti Tangguh. http://PompaAirFirman.com/

    BalasHapus
  14. Silahkan hubungi Service and Information centre FIRMAN, distributor dan dealer dealer terdekat di kota anda untuk kebutuhan pompa air jenis apapun untuk dipakai di mana saja. Pompa FIRMAN telah ber – SNI, Terbukti Tangguh. Pompa Air Firman http://PompaAirFirman.com

    BalasHapus
  15. saya pakai pompa air DAB model AQUA 125A kata tukang servis kapasitornya sudah mati,setelah diganti muter hanya sekitar 2 menit setelah itu mati,sekitar 2 menit mati muter lagi dst ( seperti pakai timer) padahal mesin tdk pakai timer.....apa penyebabnya mohon bantuannya.....kapasitor asli tulisan sudah ke hapus,yang baru uF 12.5 + - 5% merk Voylet capasitor R5003912#

    BalasHapus
  16. Merk pompa saya SHIMIZU tipe PS 130 BIT, biasanya air pancingannya kurang sebanyak kira-kira 250 ml (lebih kurang satu gelas), yg saya perhatikan cuma air yang dimesin pompa saja yang kurang. Kalo klep bocor seharusnya kan pasti banyak air yang harus ditambahkan karena pipa sedotnya sekitar 8 m lebih. Setiap pagi harus dipancing setelah mesin gak dijalankan dari malam hari. Jadi saya bingung, air yang di mesin itu kemana? apa mungkin seal yang rusak? tapi seal yang mana? yang tabung pemancing, atau mesin pemutar (yang dibawah warna kuning)? mohon penjelasannya mas eko.
    trimakasih

    BalasHapus
  17. Pak Eko, mohon sarannya.
    Saat ini saya akan menempati rumah baru dan oleh developer sudah dipasangkan pompa sumur dangkal (pompa biasa) dan airnya pun sudah cukup baik mengalir.
    Namun tetangga kanan dan kiri saya memakai pompa jet pump.
    Apakah nantinya saya akan kekurangan air oleh karena tersedot oleh tetangga kanan dan kiri ? Apakah saya juga harus mengikuti memakai Jet Pump ?
    Mohon saran dan masukkan ya.

    BalasHapus