Kamis, 20 September 2012

Pengetahuan Tentang Pompa Air

Hampir di setiap rumah di Indonesia  pada umumnya pasti memiliki / ada Pompa Air Listrik dari berbagai macam   ukuran dan daya , sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Seperti apakah rangkaian listrik dari pompa air tersebut ??? di bawah ini ada  gambar mengenai diagram kelistrikan pompa air. 

Rangkaian Listrik pompa air terdiri dari beberapa bagian antara lain:

Box Terminal, berfungsi untuk melindungi rangkaian listrik atau sambungan kabel-kabel dari pengaruh luar, seperti air atau benturan benda lain. Pada box terminal terdapat sambungan kabel dari dinamo/motor, kapasitor, dan kabel dari steker listrik.

Kabel, berfungsi untuk meneruskan arus listrik ke motor penggerak, kabel yang dikeluarkan dari motor pompa air biasanya tiga buah, walaupun ada yang memakai empat, tapi rata-rata pompa air memakai tiga buah karena sambungan dibikin didalam lilitan kawat pompa air. Kabel yang dipakai umumnya berwarna merah, putih (abu-abu), dan hitam. Kabel warna merah menghubungkan kapasitor dengan lilitan Sub coil, kabel hitam menghubungkan sub coil dan main coil, yang melewati termostat/protector. kabel warna putih (abu-abu) dihubungkan dari kapasitor dan main coil. Seperti diagram dibawah ini.