Sabtu, 07 Januari 2012

Arti JASO MA & MB Pada Oli Sepeda Motor

Arti JASO MA & MB Pada Oli Sepeda Motor

Menanggapi permintaan dari produsen sepeda motor terkemuka, Automobile Organisasi Standar Jepang (JASO) telah memperkenalkan JASO MA dan MB, spesifikasi pertama yang menerapkan hanya untuk oli motor 4-tak untuk sepeda motor dengan kopling basah. Standar ini menetapkan persyaratan tambahan di luar pelumas percikan-penyalaan minyak nilai bermotor ditentukan oleh API atau ACEA.
Pada oli sepeda motor yang menggunakan standarisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization) pasti ada keterangan JASO MA atau MB. Seperti kita tahu, kode di belakang JASO ini adalah kode peruntukan oli tersebut.

JASO MA untuk sepeda motor dengan kopling basah. Maksudnya motor dengan konstruki rumah kopling terendam oli. Sedang JASO MB untuk sepeda motor kopling kering. Seperti skubek yang koplingnya tidak terendam oli.

Seiring perkembangan teknologi, spesifikasi JASO MA untuk sepeda motor tipe bebek dan motor sport terus bergerak. Dari MA, MA1 sampai yang paling terbaru adalah MA2. Hampir semua pelumas terbaru menggunakan standarisasi JASO MA2.

Apa bedanya? Hanya pada additive paket-nya saja, Additive adalah bahan kimia yang ditambahkan untuk meningkatkan kualitas pelumas.

Dan tentunya JASO MA2 jadi lebih baik dari JASO MA

Pada oli dengan spesifikasi JASO MA2 kemampuan melumasinya jauh lebih baik dari JASO MA. Tapi di sisi lain tidak mengganggu kinerja kopling, kampas kopling tetap tidak mudah selip.

Pengujian dengan metode JASO T 903 adalah menentukan koefisien gesekan di bawah berbagai kondisi operasi dibandingkan dengan minyak referensi. Hasil memungkinkan minyak untuk dibagi menjadi dua kategori:

MA = Non Slipping Oil artinya untuk JASO MA lebih cocok untuk motor yang menganut kopling basah (Oli mesin sekaligus untuk melumasi gearbox).
MB = Slipping Oil artinya untuk JASO MB lebih cocok untuk motor yang menganut sistem kopling kering (Oli untuk gearbox terpisah dengan oli mesin), JASO MB mempunyai semacam fitur yang mengurangi gaya gesek antar part mesin dibandingkan JASO MA, karena JASO MB dianjurkan untuk tidak melumasi kopling karena saking licinnya malah jadi slip.

Koefisien gesekan pengukuran yang sesuai untuk menjamin persyaratan MA yang tergelincir kopling tidak akan terjadi di bawah setiap kondisi beban bahkan pada sepeda balap kinerja paling tinggi. Nilai-nilai ini karena itu ditentukan oleh produsen sepeda motor terkemuka.

Secara tradisional berlaku untuk dua-stroke engine, standar JASO-baru ini telah diversifikasi untuk mencakup empat-stroke engine juga. Sejak Juli 1999, persyaratan baru khusus untuk empat-stroke engine telah berlaku dengan JASO MA dan dua standar JASO MB.
Empat-stroke engine sepeda motor harus memiliki sifat khusus yang membedakan mereka dari empat-stroke mesin mobil. Koefisien gesekan terutama tinggi khususnya untuk gearbox yang terintegrasi.
JASO Oleh karena itu didefinisikan dua tingkat persyaratan:
JASO MA-: gesekan yang tinggi;
JASO MB-: gesekan rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar