Rabu, 02 Maret 2011

Pelumas Padat / Gemuk / Grease

Pelumas secara fisiknya di kategorikan menjadi : 
1. Pelumas Cair 
2. Pelumas Padat

Pada bagian kesempatan ini penulis ingin share pengetahuan  mengenai pelumas padat/ Gemuk/ Grease.
Secara klasifikasi pemakai Pelumas padat ini di kategorikan lagi menjadi :
1. Pelumas padat untuk automotif
2. Pelumas padat untuk industri

Secara proses dalam pembuatan pelumas padat untuk industri dengan automotive tidak  banyak berbeda, yang membedakannya hanyalah additive yang di campurkan dalam pelumas padat tersebut.

Lembaga yang membuat spesifikasi teknik mengenai pelumas padat adalah NLGI  http://www.nlgi.com
National Lubricating Grease Institute – International technical trade association yang melayani industri pelumas gemuk dan pelumas roda gigi

Definisi

Gemuk / grease / pelumas padat adalah sebuah pelumas dengan kekentalan tinggi. Pada awalnya gemuk digunakan untuk menyebut turunan dari lemak hewan, tetapi kini gemuk secara umum digunakan untuk menyebut pelumas dengan viskositas  lebih tinggi dibanding minyak. Gemuk pada awalnya tersusun dari kalsium, adonan sabun sodium/ lithium dengan pengemulsi minyak mineral.
Gemuk adalah pelumas yang memiliki bentuk setengah padat atau padat. Umumnya gemuk dibuat dari bahan oli pelumas cair yang diberi tambahan pengental (thickening agent). Ada dua tipe utama dari bahan pengental (thickening agent) yang biasa dipergunakan, yaitu metalic soap dan non soap. Tipe metalic soap dipakai untuk mayoritas gemuk.

Kelebihan fungsi gemuk yang bersifat padat
Kelebihan gemuk adalah pelumasannya bersifat tahan lama tanpa perlu penambahan karena gemuk tidak dapat mengalir atau menyebar. Kemudian gemuk juga bersifat perapat sempurna untuk pencegah menempelnya benda-benda asing seperti kotoran, gas, dan air pada permukaan yang dilumasi. 
Alasan lainnya karena gemuk mempunyai daya tahan yang bagus terhadap beban tinggi.

Tujuan penggunaan gemuk adalah untuk memperpanjang umur pakai komponen yang dilumasi.
Gemuk adalah pelumas untuk setiap komponen mobil dan motor yang bergerak. seperti bantalan, engsel dan ball joint. Tujuan penggunaan gemuk adalah untuk memperpanjang umur pakai komponen yang digemuki. Karena banyaknya jenis gemuk yang beredar di pasaran, penggunaan gemuk harus disesuaikan dengan perangkat yang akan dilumasi. Apalagi setiap gemuk memiliki kemampuan kerja yang berbeda. Berikut ini
macam-macam gemuk sesuai kegunaannya :

1.. Gemuk dari bahan dasar sabun (lithium)

Lithium Soap Base Multi Purpose Grease (NLGI #2) memiliki spesifikasi tahan terhadap air dan panas. Penggunaannya pada komponen yang memiliki gerakan kontinyu, seperti mekanik kopling, steering linkage, propeller shaft, shackle pin, dan king pin.

a.. Gemuk jenis ini banyak dipergunakan pada bagian-bagian yang
memerlukan pelumasan periodik seperti bantalan roda, lengan
penghubung kemudi, poros propeler, king pin, sakel pin. Oleh karena
itu sering disebut gemuk serbaguna.

b.. Karakteristik nya : siraman air dan tekanan suhu tinggi
tidak akan mengurangi kemampuan kerja dan daya tahannya.

2.. Gemuk dari bahan dasar sabun molybdenum disulphidelithium

Molybdenum Disulfide Lithium Soap Base Grease (NLGI #2) merupakan gemuk berkemampuan tinggi dan mengandung tingkatan gemuk lithium soap base dengan bahan tambahan molybdenum disulfide. Gemuk ini biasanya disebut gemuk chassis spesial atau long life . Biasanya digunakan dalam area yang tahan tekanan tinggi, seperti clutch, ball joints, suspension arms, steering center arm, double Gardan Joints, constant velocity joints dan rack and pinion steering gear.

a.. Gemuk jenis ini biasanya dipakai pada komponen yang jarang diberi pelumasan seperti ball joint, lengan
      suspensi, lengan tengah kemudi, nakel kemudi, cross-joint, rack end dan rack pinion.

b.. Karakteristiknya : lebih tahan dan juga bisa bekerja pada  beban lebih besar daripada gemuk serbaguna.

3.. Gemuk karet

a.. Gemuk ini biasanya digunakan untuk komponen rem.

b.. Karakteristiknya : terbuat dari bahan nabati (karet) maka sifatnya mencegah komponen karet 
     mengambang.

4.. Gemuk sintetik (synthetic lithium complex / hidroxy lithium complex)

a.. Gemuk jenis ini harganya relatif lebih murah dari jenis yang lain.

b.. Karakteristiknya gemuk ini memiliki kelemahan yaitu kurang tahan terhadap suhu tinggi sehingga mudah
     memuai.

5.. Gemuk All Purpose Lubricant

a.. Gemuk jenis ini harganya relatif murah namun kualitasnya tidak kalah bagus maka sering dipakai di
     bengkel-bengkel.

b.. Karakteristiknya : gemuk ini lebih encer dari gemuk nabati atau sintetik.

Secara singkat pembuatan pelumas Pelumas padat  adalah sebagai berikut :
- Proses pembuatan sabun (Saponification)
- Penambahan base oil, additive dan komponen lain
- Penghalusan struktur/serat
- Pengeringan/penguapan air dan material lain

90 komentar:

  1. DH
    saya ingin membuat gemuk lithium komleks transparent, sampai saat ini masih sulit untuk proses pembuatannya, kami memakai lithium komplex/lithium stearate, sn500,dan additive.....hasil yg didapatkan selalu tidak bening,.....mohon pecerahan bahan apa saja yg perlu ditambahkan atau proses apa yg perlu kami lakukan...
    sekian dan terimakasih
    fadilah
    fadchem@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik Pak Fadilah akan saya coba bantu dari sisi pengolahannya,
      Dari Base Oil SN 500 yang bapak pakai( sy anggap semuanya sudah on spec (Color, Density, KV 40, KV 100, VI, Pour Point , Flash point dan water content), additive, lithium komplex dan formulasi on spec juga.

      kalau dari sepengetahuan saya proses urutan penuangan lithium stearate dan additive, itu harus dilakukan secara perlahan dan benar. operator produksi biasanya ingin cepat dan terburu-buru sehingga proses saponisasi agak kurang baik dan benar, kemudian dari faktor tangki blending bapak agitatornya di harapkan mempunyai blade/ pengaduk yang berlawanan arah antara blade atas dan bawah dan seberapa rapat jarak antara blade tersebut dan juga faktor kapasitas volume tangki blending bapak ? mesti di hitung ulang/diset kembali....dan yang paling penting adalah apakah tangki blending bapak dilengkapi dengan vacum operasional / jet ejector yang berfungsi membuang sebagian besar uap air/kadar air yang terkadung didalam masing-masing bahan baku. adanya kadar air inilah yang membuat grease selalu tidak bening (clarity = hazzy bukannya clear). sebagai contoh sama halnya kalau bapak membuat pelumas cair, jika ada kadar air dalam bahan baku, maka akan membuat penampakan pelumas bapak akan keruh, tidak jernih) sekian dulu terima kasih kembali.

      Hapus
    2. Boleh nanya nih. Kalo stempet buat roda gigi gerinda kecepatan 11000 rpm itu yang cocok merk dan warna apa? Pernah pake warna hijau tapi cepat sekali panas. Trims sharingnya

      Hapus
  2. saya ingin menanyakan ekanisme sabun sebagai pengental bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Dini Putri A.

      Bukan memakai sabun, tetapi proses pembuatannya seperti proses membuat sabun.

      Kata saponifikasi disini atau saponify berarti membuat sabun (Latin sapon, = sabun dan –fy adalah akhiran yang berarti membuat). Bangsa Romawi kuno mulai membuat sabun sejak 2300 tahun yang lalu dengan memanaskan campuran lemak hewan dengan abu kayu. Pada abad 16 dan 17 di Eropa sabun hanya digunakan dalam bidang pengobatan. Barulah menjelang abad 19 penggunaan sabun meluas.

      Sabun merupakan merupakan suatu bentuk senyawa yang dihasilkan dari reaksi saponifikasi. Saponifikasi adalah reaksi hidrolisis asam lemak oleh adanya basa lemah (misalnya NaOH). Hasil lain dari reaksi saponifikasi ialah gliserol. Selain C12 dan C16, sabun juga disusun oleh gugus asam karboksilat. Hidrolisis ester dalam suasana basa bisa disebut juga saponifikasi.

      Ada dua metode yang digunakan dalam esterifikasi yaitu proses batch dan proses kontinyu.

      Hapus
  3. Dh,
    pak saya mau bertaya, antara Grease yang mengandung tacky dan tidak, apakah ada pengeruh pada pemakaian?
    tolong pencerahannya

    terimakasih
    suprapto
    prapto_ra@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Yth Pak Prapto,

    Penggunaan tackyfier pada grease di maksudkan agar grease yang mengandung additive extreme pressure dan heavy duty tidak mudah lepas (bersifat melekatkan) atau hilang ketika grease itu sedang bekerja (di antara logam bantalan dan roller ) sehingga fungsinya grease sebagai pelumas padat dapat berfungsi.
    Jadi jika grease yang tidak mengandung / kurang / sudah berkurang sifat "tacky" nya karena pemakaian dapat mengakibatkan ;
    1. Grease yang mengalir keluar dari rumah laher/bearing dapat membuat kotor dan rem tidak berfungsi karena cakram atau drum brake menjadi basah terkena grease yang mencair.
    2. Fungsinya sebagai pelumas padat tidak sempurna dan dapat mengakibatkan bantalan (bearing) cepat aus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yth Pak Eko,

      terimakasih atas pencerahannya.
      sebagian pemain/pengguna grease tidak sependapat dengan alasan;
      1. grease tacky; debu/kotoran akan mudah menempel sehingga grease menjadi kotor.
      2. grease tacky; tidak mempengaruhi performace test dari pada grease spt four ball, well load, dan sifat characteristic lainnya.
      dari pendapat2 meraka, apa yang harus saya pilih/gunakan, apakah grease tacky atau non tacky.
      mohon pencerahannya kambali.

      terimakasih

      Hapus
  5. Yth Pak Prapto

    Saya akan coba share dan discuss di sini ,

    1. Grease sebagai pelumas padat memang harus lengket/menempel / berada pada bagian yang akan di lumasinya, nah untuk itulah pada aplikasi bearing perlu diadakan tutup / seal / cover bearing agar kotoran tidak mudah masuk, atau bearing itu sendiri posisinya dalam ruang yang tertutup. Nah jika ada kotoran dari luar menempel pada grease berarti penutup /seal nya kurang rapat /kurang sempurna sehingga perlu di ganti .
    2. Sebelum memutuskan untuk memilih grease yang akan di pakai, kita minimal harus mengetahui beberapa informasi dasar antara lain, grease tersebut akan di pakai pada bagian apa, temperatur , rotasi per menit, dan perkiraan beban dll. Mengenai tackly atau tidak tergantung dari informasi bagian apa yang akan di beri pelumas padat tersebut guna menghindari salah aplikasi pemakaian grease.




    BalasHapus
  6. Pak saya berminat untuk mendirikan usaha sendiri produksi grease. bagaimana cara dan syarat yang diperlukan untuk memulau sebagai produsen grease trsebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain aspek legal seperti TDP, IU dan lain-lainnya ada aspek teknik yang harus di penuhi dalam spesifikasi produk, dalam hal ini NLGI dan aspek peralatan pengetesan yang juga harus di penuhi dalam pengujian / menjaga kendali kualitas.

      Hapus
  7. apa sajakah aplikasi dari pelumas padatan pakk dalam bidang industri,, mohoon pencerahannya pak.. terimah kasih..
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak Aplikasi yang dapat di pakai dalam bidang industri, sesuai dengan OEM (pembuat mesin industri) yang meyarankannya / persyaratan pemakaian, misal;
      Grease High Temp, untuk pelumasan rantai-rantai oven.
      Grease MP (multi purpose), untuk pelumasan bantalan-bantalan/ bagian yang tidak membutuhkan spec khusus.
      Grease EP dan HD untuk melumasi bearing-bearing roda roda truck/ Kereta.
      dll nya
      Terima kasih, mudah-mudahan dapat membantu.

      Hapus
  8. Salam hormat,
    saya ingin memproduksi gemuk lithium transaparent, dimana bisa membeli bahan2nya dan apa ada trainning singkatnya?terima kasih. refa - medan- reefald@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Bapak Refa

      untuk Trainning singkatnya dapat lihat di http://www.freepatentonline.com
      untuk bahan-bahannya dapat menghubungi supplier additive for grease di Medan

      Hapus
  9. salam hormat

    saya ingin menanyakan tentang gemuk di CVT motor...gemuk yg genuine part tu bila mana di pakai di CVT pada saat mesin menyala + panas gemuk itu bisa mencair dan begitu mesin itu di matikan + keadaan dingin se gemuk sndiri mengental kembali....klo boleh tau jenis gemuk apakah itu...?? ad adakah merk lain yg menjual seperti gemuk itu...tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Pak Frenki,

      Gemuk yang berada CVT motor, tidak seharusnya berubah menjadi cair pada waktu panas, karena gemuk atau pelumas padat ini mengandung pengental dan additive lainnya sesuai dengan spesifikasi dan peruntukannya yang di keluarkan oleh NLGI (( The National Lubricating Grease Institute ) adalah badan yang di jadikan standar acuan grease ).
      CVT sendiri adalah sistim transmisi kering , artinya tidak boleh ada pelumas di dalam sistim transmisi. Gemuk di sini berfungsi untuk menghilangkan ke-kesetan antara karet dan logam yang bergesekan secara tiba-tiba yang menimbulkan bunyi decit atau kriiitt- krrittt.
      Gemuk yang berada dalam CVT tidak boleh terlalu banyak karena akan menyebabkan menempelnya debu atau kotoran halus pada CVT, yang berakibat juga menurunnya usia pakai belt.
      Awet atau tidaknya CVT bergantung pada beban berat , cara mengemudi, stop and go arus lalulintas dll.
      Jenis Grease nya yang bertipe NLGI #2, Silikon base. (bukan yang berasal dari Petroleum /minyak bumi karena dapat merusak rubber/karet CVT). Ada beberapa merek, tetapi kita harus yakin bahwa grease tsb adalah yang silikon base, itu yang terpenting.

      Hapus
  10. pak saya mau menanyakan apa bisa gemuk / grease di cairkan...? gimana cara mencairkan nya...apa di masak seperti memasak air ( gemuk di masukan ke dalam panci + di panaskan dengan kompor ) dan bila mana gemuk itu pas di panas kan dia mencair apa pas dalam keadaan dingin dia kembali mengental lagi....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Pak Agus.

      Melting (mencair) point pada gemuk ada nilai tertentu. pelumas padat (grease) ini mengandung pengental, jadi pada waktu dingin dia akan mengental kembali.

      Sebenarnya untuk apa gemuk di cairkan ?? , kalau ingin aplikasi pelumas cair, pakailah pelumas yang sudah cair karena aplikasi pelumas padat adalah untuk melumasi bagian-bagian komponen yang tidak tersentuh oleh sistim pelumasan cair.

      Terima Kasih

      Hapus
  11. siang pak, saya mau nanya .. sebenarnya lebh bagus grease litum atau kalsium dengan base oil yang sama ??? dan apa yang mempengaruhinya ???

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian lebih bagus atau tidaknya adalah relatif yang pasti adalah tipe pemakaian gemuk yang pas/cocok untuk aplikasi yang akan di pakai.

      Aplikasi umum untuk gemuk Kalsium sulfonat antara lain meliputi automotif , pertanian , konstruksi , makanan, industri , pertambangan ,
      manufaktur kertas dan pabrik baja .
      Aplikasi automotif spesifik termasuk chassis , sendi bola/ball joint ,
      sambungan universal dan bantalan roda .
      Aplikasi industri termasuk ,konveyor pabrik ,
      crusher ,aplikasi lepas pantai dan bawah laut.
      Gemuk kalsium sulfonat juga digunakan dalam katup uap yang dioperasikan motor untuk mengontrol tekanan tinggi uap .
      Katup uap ini biasanya ditemukan di pembangkit nuklir dan stasiun termal yang menghasilkan panas.

      Secara khusus perbedaan spesifikasi dari lithium base atau kalsium base sbb :

      ASTM Test Result Calcium Base Lithium Base
      Additive -commercial Yes No
      ZN/P/S
      General EP/AW add
      D217,P60 286 262
      D2265, Dropping Point, Celc 312 > 316
      D2596, 4-Ball EP, Weld Kg 315 400
      D4049, Water spray-off,% 13,6 68,6
      D2509, Timken OK Load, LBs 35 60

      Terlepas dari harga , dalam pemakaian gemuk / pelumas adalah ketepatan kebutuhan pelumas yang cocok /pas yang di butuhkan oleh mesin. Dapat dilihat dari buku manual yang di keluarkan oleh OEM (Origin Equipment Manufactur / Pabrik pembuat peralatan).

      Mudah-mudahan penjelas ini dapat lebih membantu. Terima kasih





      Hapus
    2. siang pak, terimaksih atas jawabannya.
      gini pak saya lagi melekukan penelitian pembuatan grease dari minyak nabati degn sabun logam campuran litium dan kalsium. dimana komposisi 1 = 50 : 50. komposisi 2 = 60 : 40 dengan volume base oil yang sma . hasil analisa dropping point dan penetrasi menunjukan komposisi 1 lebih tinggi. yang saya mau tanyakan hal apa yang mempengaruhi hal tersebut ??? dan ada apa gak pengaruh senywa yang ada dalam minyak nabati maupun sabun logamnya??

      Hapus
    3. komposisi 1 : litium : kalsium = 50 : 50
      komposisi 2 : litium : kalsium = 60 : 40

      Hapus
  12. Yth Pak Eko,
    adakah gemuk yang ramah lingkungan dan tidak beracun..saya ingin mengaplikasikan untuk pelumasan wire sling di Pompa Dredge, sehingga sling yg terkena grease tidak akan mencemari lingkungan (perairan danau/sungai) saat tercelup/masuk air. dulu saya pernah dengar food grade drease, apakah itu? mohon penjelasan. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supplyer Oil & Industrial Grease
      [OIL]
      - Lubriking Nano Additive
      - Gear & Bearing
      - Hydraulic Oil
      - Turbine Oil
      - Compressor Oil
      - Transformer Oil
      - Soluble Cutting Oil
      - Automotive Gear
      - Optimol Viscogen 23
      - Chemical
      - Parrafinic 95 & 60
      - Lithium Mp3 Red
      - Lithium EP transparant NLGI 3
      - JB.Racing 2T
      - Gear Synthetic 680
      - Oliec Acid
      - Gear 140 GL 5 & GL 4
      - Flushing Oil
      - Refrigerator Oil
      - Timac Super HD 40
      - 710 HD Cleaner
      - Engine CF40
      - Rocol Anti Seize J166
      - Cosmix 40
      - CPI-4 & CPI 4608
      - ATF Dextron 2D
      - Spindle Oil
      - Super Textile Oil Soluble
      - Brake Fluid DOT 3
      - Extreme Gear & Extra Gear
      - Fire Resistance
      - Drathon HTO
      - Equivalent GN & J2BS
      - Konsentrat
      - Low Smoke Oil
      - Synthetic Chain & Stenter 4000 CST
      - Anti Wear Super Hydraulic
      - Syntethic & Grinding Coolant
      - Sugar Mills 5000 & 8000
      - High Speed Diesel Engine Oil
      - Slow Speed Engine Oil
      - Transmission Oil
      - Circulating & Bearing Oil
      - Heat Transfer Oil
      - Slideways Oil
      - Trafo Oil
      - Metal Working Fluid
      - Syntethic Oil
      - Silicone Oil
      - Corrosion Preventive
      - Wire Rope
      - Specialities Oil
      - Pneumatic Oil
      - Transport Product Diesel Engine Oil
      - Gas Engine Oil
      - Vacum & Pump Oil
      - Offshore & Onshore
      - Radiator Coolant

      [GREASE/GEMUK]
      - Lithium Complex Grease
      - High Speed Grease
      - Syntetic Grease
      - Lithium Moly
      - High Temperature Grease
      - Lithium Base
      - Non Melt Grease
      - Calcium Multipurpose Grease
      - Extreme Pressure & High Load
      - Non Melt Grease
      - Multipurpose Grease
      - Water Resistance & Extreme Temp
      - Molybdenum Disulphide EP4
      - Electric Motor Grease
      - Centralized Grease
      - Anti Friction NLGI 3
      - Chassis Grease
      - Silicone KF 1.000
      - Grease Alvide Moly
      - Extreme Pressure & High Load
      - Wheel Bearing Grease Alluminium
      - Lithium EP NLGI 3,2,1,0,00,000
      - Silicone Grease
      - Open Gear & Wire Lubricant
      - Anti Seize 1100 derajat
      - Melthing For High Speed Anti Vibration

      Packing :

      Drum 200/Ltr
      Pail 20/Ltr

      Drum 180/Kg
      Pail 15 & 18/Kg

      [Best Oil]
      !!Best Price for Quantity!!
      ( Export & Indonesia )
      Position Tangerang City Indonesian
      ( For the price please call )
      Phone & WA : +6281230117391
      ext : +6285785755888
      PIN blackberry : 58D907DA
      email : antropovestefan@yahoo.com
      ext : antropovestefan240490@gmail.com

      Note : We 've supplied in a variety of reputable companies
      - PT. Yamaha Motor Indonesia Manufacturing [YMMI]
      - PT. GS. Battery
      - PT. Yuasa Battery
      - PT. Ezzer Kemindo Muliatama
      - PT. Kereta Api Indonesia [PERSERO]
      - PT. Krakatau Steel
      - PT. Suzuki Indomobil Indonesia
      - PT. Indocement Tunggal Perkasa
      - PT. Maspion Indonesia
      And Many More!

      Hapus
  13. Yth Pak Adi,

    Umumnya Gemuk lumas yang beredar di pasaran diproduksi dari bahan dasar minyak mineral atau bahan sintetis dengan penambahan additive yang masih mengandung logam berat, chlorin, dan nitrit. Bahan dasar tersebut tingkat biodegradasinya rendah, toksik, karsinogenik, dan sumbernya tidak terbarukan.

    Gemuk pelumas ramah lingkungan yang berbahan dasar minyak jarak (Ricinus Communis L.) yang memiliki kemampuan menahan beban ekstrim dengan baik, mencegah korosi/karat, mencegah terjadinya keausan mesin, serta mempunyai daya lekat yang kuat dengan logam yang dilumasi.

    Jadi untuk gemuk ramah lingkungan cari yang terbuat dari bahan baku alami yang ramah lingkungan (Minyak Jarak) yang dapat berfungsi :

    • Mencegah terjadinya keausan mesin, dan korosi/karat

    • Kemampuan menahan beban ekstrim memenuhi SNI 7069.15:2008

    • Bahan baku lokal tersedia melimpah.

    Mudah-mudahan dapat membantu, terima kasih.

    BalasHapus
  14. selamat siang pak,
    apa saja faktor yang mempengaruhi pelumas padat ?? baik itu dari jenis minyak smaupun jenis pengentalnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Leo dapat membaca/download dari file yang saya share di internet sbb :

      http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/lubricants-and-greases-manufacturing-plants

      http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/bearing-and-lubrication

      http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/dasar-dasar-additive-pelumas

      Ok mudah-mudahan dapat memberi sedikit gambaran

      Hapus
  15. terimakasih pak atas jawabannya sangat membantu ...

    kira2 kalau densitas grease sendiri pengaruh gak dengan base oil dan jenis sabun logamnya??

    BalasHapus
  16. terimakasih pak atas jawabannya sangat membantu ...

    kira2 kalau densitas grease sendiri dipengaruh oleh base oil dan jenis sabun logamnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau densitas atau kekentalan gemuk tidak di ukur dan bukan karakteristik/ parameter spesifikasi dari gemuk.
      Penetrasi gemuk, titik mencair gemuk , anti karat , kemampuan memisahkan air dll. merupakan karakteristik dari gemuk yang di ukur. dan juga karena gemuk merupakan pelumas padat , bukan pelumas cair yang harus di ukur kekentalannya.
      Terima Kasih

      Hapus
  17. Asalamualaikum.. Mhon maaf pak saya ingin bertanya.. Berapa persen maksimal atau minimal kandungan air atau water content d dalam pelumas grease menurut standarnya.. Terima kasih

    BalasHapus
  18. wasalamualaikum , Water content nya seharusnya nol. dapat dilihat di : http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/sni-gemuk

    BalasHapus
  19. yang berminat beli grease bisa hub: sya di email
    trigms@gmail.com

    BalasHapus
  20. Terima kasih untuk ilmunya Pak Eko.

    BalasHapus
  21. Selamat siang, pak nama saya sofyan
    saya mau tanya, saya mau buat gemuk keras dari bahan dasar oli bekas untuk dijadikan industri rumahan , mohon petunjuk mengenai cara pembuatan nya dan komposisiny,karna saya pernah buat namun gemuk nya masih lembek, mohon arahannya, ini biasanya karna apa, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  22. Salam, saya hanya pesepeda yang sering jengkel dengan berbagai problem setelah sepeda dipake hujan-hujanan. Belakangan saya melihat iklan Teflon Grease yang harganya selangit, apakah layak dibeli untuk mengatasi kejengkelan sya? mengingat harganya yang selangit.
    Terima kasih, salam ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya aplikasi teflon grease untuk sepeda tidak perlu dipakai dilihat dari nilai ke-ekonomiannya, cukup memakai grease MP multi purpose yang murah dan yang lebih penting cucilah sepeda secara teratur serta memakai grease MP tsb setelah sepedanya di cuci

      Hapus
  23. Yth. Bp Eko, saya ingin bertanya perbedaan komposisi grease food grade dgn non food grade ? apa ada pengaruh di aplikasi mesin ? misalnya mesin industri kami memakai grease Nlgi 00 (non foodgrade) trs kami ganti dgn grease yg foodgrade 00 krn tuntutan dari sertifikat ISO, apa ada efek di mesin ?
    terima kasih pak. hidayat - kudus

    BalasHapus
  24. Salam Sejahtera untuk kita semua,
    Saat ini saya mohon petunjuk dari bapak bapak sekalian,
    Saya sedang membutuhkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak karena ada permintaan pasar yaitu grease speck low grade untuk kebutuhan chassis dan bearing dengan kemasan 0,5kg dan 15kg/pail.

    Mohon masukannya di : effendi75.syafrian@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk segala macam grease silahkan menghubungi saya di no 081310480812

      Hapus
    2. Supplyer Oil & Industrial Grease
      [OIL]
      - Lubriking Nano Additive
      - Gear & Bearing
      - Hydraulic Oil
      - Turbine Oil
      - Compressor Oil
      - Transformer Oil
      - Soluble Cutting Oil
      - Automotive Gear
      - Optimol Viscogen 23
      - Chemical
      - Parrafinic 95 & 60
      - Lithium Mp3 Red
      - Lithium EP transparant NLGI 3
      - JB.Racing 2T
      - Gear Synthetic 680
      - Oliec Acid
      - Gear 140 GL 5 & GL 4
      - Flushing Oil
      - Refrigerator Oil
      - Timac Super HD 40
      - 710 HD Cleaner
      - Engine CF40
      - Rocol Anti Seize J166
      - Cosmix 40
      - CPI-4 & CPI 4608
      - ATF Dextron 2D
      - Spindle Oil
      - Super Textile Oil Soluble
      - Brake Fluid DOT 3
      - Extreme Gear & Extra Gear
      - Fire Resistance
      - Drathon HTO
      - Equivalent GN & J2BS
      - Konsentrat
      - Low Smoke Oil
      - Synthetic Chain & Stenter 4000 CST
      - Anti Wear Super Hydraulic
      - Syntethic & Grinding Coolant
      - Sugar Mills 5000 & 8000
      - High Speed Diesel Engine Oil
      - Slow Speed Engine Oil
      - Transmission Oil
      - Circulating & Bearing Oil
      - Heat Transfer Oil
      - Slideways Oil
      - Trafo Oil
      - Metal Working Fluid
      - Syntethic Oil
      - Silicone Oil
      - Corrosion Preventive
      - Wire Rope
      - Specialities Oil
      - Pneumatic Oil
      - Transport Product Diesel Engine Oil
      - Gas Engine Oil
      - Vacum & Pump Oil
      - Offshore & Onshore
      - Radiator Coolant

      [GREASE/GEMUK]
      - Lithium Complex Grease
      - High Speed Grease
      - Syntetic Grease
      - Lithium Moly
      - High Temperature Grease
      - Lithium Base
      - Non Melt Grease
      - Calcium Multipurpose Grease
      - Extreme Pressure & High Load
      - Non Melt Grease
      - Multipurpose Grease
      - Water Resistance & Extreme Temp
      - Molybdenum Disulphide EP4
      - Electric Motor Grease
      - Centralized Grease
      - Anti Friction NLGI 3
      - Chassis Grease
      - Silicone KF 1.000
      - Grease Alvide Moly
      - Extreme Pressure & High Load
      - Wheel Bearing Grease Alluminium
      - Lithium EP NLGI 3,2,1,0,00,000
      - Silicone Grease
      - Open Gear & Wire Lubricant
      - Anti Seize 1100 derajat
      - Melthing For High Speed Anti Vibration

      Packing :

      Drum 200/Ltr
      Pail 20/Ltr

      Drum 180/Kg
      Pail 15 & 18/Kg

      [Best Oil]
      !!Best Price for Quantity!!
      ( Export & Indonesia )
      Position Tangerang City Indonesian
      ( For the price please call )
      Phone & WA : +6281230117391
      ext : +6285785755888
      PIN blackberry : 58D907DA
      email : antropovestefan@yahoo.com
      ext : antropovestefan240490@gmail.com

      Note : We 've supplied in a variety of reputable companies
      - PT. Yamaha Motor Indonesia Manufacturing [YMMI]
      - PT. GS. Battery
      - PT. Yuasa Battery
      - PT. Ezzer Kemindo Muliatama
      - PT. Kereta Api Indonesia [PERSERO]
      - PT. Krakatau Steel
      - PT. Suzuki Indomobil Indonesia
      - PT. Indocement Tunggal Perkasa
      - PT. Maspion Indonesia
      And Many More!

      Hapus
  25. selamat malam pak Ir. Eko Kiswanto SE.
    saya igin menayakan tentang thickener agent (soap base grease), dapatkah bapak menjelaskannya?

    BalasHapus
  26. yth Pak Eko saya mohon petunjuk manfaatkan oli bekas di proyek untuk di buat jadi gemuk dan pembelian bahannya di mana saya adalah mekanik di perusaahaan di kebun trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supplyer Oil & Industrial Grease
      [OIL]
      - Lubriking Nano Additive
      - Gear & Bearing
      - Hydraulic Oil
      - Turbine Oil
      - Compressor Oil
      - Transformer Oil
      - Soluble Cutting Oil
      - Automotive Gear
      - Optimol Viscogen 23
      - Chemical
      - Parrafinic 95 & 60
      - Lithium Mp3 Red
      - Lithium EP transparant NLGI 3
      - JB.Racing 2T
      - Gear Synthetic 680
      - Oliec Acid
      - Gear 140 GL 5 & GL 4
      - Flushing Oil
      - Refrigerator Oil
      - Timac Super HD 40
      - 710 HD Cleaner
      - Engine CF40
      - Rocol Anti Seize J166
      - Cosmix 40
      - CPI-4 & CPI 4608
      - ATF Dextron 2D
      - Spindle Oil
      - Super Textile Oil Soluble
      - Brake Fluid DOT 3
      - Extreme Gear & Extra Gear
      - Fire Resistance
      - Drathon HTO
      - Equivalent GN & J2BS
      - Konsentrat
      - Low Smoke Oil
      - Synthetic Chain & Stenter 4000 CST
      - Anti Wear Super Hydraulic
      - Syntethic & Grinding Coolant
      - Sugar Mills 5000 & 8000
      - High Speed Diesel Engine Oil
      - Slow Speed Engine Oil
      - Transmission Oil
      - Circulating & Bearing Oil
      - Heat Transfer Oil
      - Slideways Oil
      - Trafo Oil
      - Metal Working Fluid
      - Syntethic Oil
      - Silicone Oil
      - Corrosion Preventive
      - Wire Rope
      - Specialities Oil
      - Pneumatic Oil
      - Transport Product Diesel Engine Oil
      - Gas Engine Oil
      - Vacum & Pump Oil
      - Offshore & Onshore
      - Radiator Coolant

      [GREASE/GEMUK]
      - Lithium Complex Grease
      - High Speed Grease
      - Syntetic Grease
      - Lithium Moly
      - High Temperature Grease
      - Lithium Base
      - Non Melt Grease
      - Calcium Multipurpose Grease
      - Extreme Pressure & High Load
      - Non Melt Grease
      - Multipurpose Grease
      - Water Resistance & Extreme Temp
      - Molybdenum Disulphide EP4
      - Electric Motor Grease
      - Centralized Grease
      - Anti Friction NLGI 3
      - Chassis Grease
      - Silicone KF 1.000
      - Grease Alvide Moly
      - Extreme Pressure & High Load
      - Wheel Bearing Grease Alluminium
      - Lithium EP NLGI 3,2,1,0,00,000
      - Silicone Grease
      - Open Gear & Wire Lubricant
      - Anti Seize 1100 derajat
      - Melthing For High Speed Anti Vibration

      Packing :

      Drum 200/Ltr
      Pail 20/Ltr

      Drum 180/Kg
      Pail 15 & 18/Kg

      [Best Oil]
      !!Best Price for Quantity!!
      ( Export & Indonesia )
      Position Tangerang City Indonesian
      ( For the price please call )
      Phone & WA : +6281230117391
      ext : +6285785755888
      PIN blackberry : 58D907DA
      email : antropovestefan@yahoo.com
      ext : antropovestefan240490@gmail.com

      Note : We 've supplied in a variety of reputable companies
      - PT. Yamaha Motor Indonesia Manufacturing [YMMI]
      - PT. GS. Battery
      - PT. Yuasa Battery
      - PT. Ezzer Kemindo Muliatama
      - PT. Kereta Api Indonesia [PERSERO]
      - PT. Krakatau Steel
      - PT. Suzuki Indomobil Indonesia
      - PT. Indocement Tunggal Perkasa
      - PT. Maspion Indonesia
      And Many More!

      Hapus
  27. selamat siang pak, saya mau membuat penelitian ttng grease. dimana ya saya dapat membeli bahan aditive nya dan tempat mengujinya di kota medan, dimana ya pak ? terima kasih

    BalasHapus
  28. selamat siang pak eko..saya ada masalah di tempat kerja saya grease nya mengeras.,kita pakai grease lithium komplex nlgi2.. apa saja sih yg menyebabkan grease mengeras?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkenalkan kami dari PT Interflon Indonesia, head office kami berada di Roosendaal Netherlands (Belanda). Kami adalah perusahaan di bidang lubrikasi / pelumasan yg menggunakan teknologi unik micpol (micronisasi-polarisasi) dan F-active, berbahan dasar TEFLON (lebih sering digunakan utk alat masak/peralatan dapur). Kami memiliki sertifikasi NSF, Food Grade, sertifikat Halal. Teflon adalah salah satu benda padat terlicin (memiliki tingkat kelicinan yg tinggi). Interflon memodifikasi Teflon dgn menggunakan teknologi MicPol and dry lubricants (sistem pelumasan kering) sehingga membuat pelumasan menjadi lebih sempurna. Hubungi kami untuk lebih jelasnya, tentang bagaimana kita bisa mencapai high save cost untuk perusahaan anda bekerja. Anwar Iswahyudi Widodo 0812 9456 6529 call/WA, email: aiwidodo@interflon.co.id or you can search at www.interflon.com, YouTube channel: InterflonLubrication

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  30. mau tanya pak, klo soap base grease itu bentuknya seperti sabun colek warna putih ya pak???

    BalasHapus
  31. Salam Pak Eko, mo tanya apakah lemak sapi bisa dijadikan bahan baku alternatif untuk proses pembuatan grease??terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  32. Salam Pak Eko, mo tanya apakah lemak sapi bisa dijadikan bahan baku alternatif untuk proses pembuatan grease??terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  33. pak saya mau tanya, mengapa setiap pembutan grease selalu ada busa?
    bagaimana cara menghilangkan busa tersebut yaaa pak.?
    mohon infonya ya pak

    BalasHapus
  34. pak masa kita re-Grease bearing pompa berapa hari/bulan sekali?

    BalasHapus
  35. Selamat siang pak Eko,
    pak saya mau tanya apakah ada grease yang tahan
    pada suhu panas lebih dari 100 derajat..saya menggunakannya
    pada pillow block boiler oven..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada referensi pak untuk grease yg bpk butuhkan,silakan di email ke saya pak untuk lbih detail nya ahmadsyarif77.as10@gmail.com

      Hapus
    2. Saya ada referensi pak untuk grease yg bpk butuhkan,silakan di email ke saya pak untuk lbih detail nya ahmadsyarif77.as10@gmail.com

      Hapus
    3. Saya ada silicone grease high vacuum merk dow corning, jika ada yg mmbutuhkan silahkan email nuryadifournate@gmail.com atau 081510970595

      Hapus
    4. Perkenalkan kami dari PT Interflon Indonesia, head office kami berada di Roosendaal Netherlands (Belanda). Kami adalah perusahaan di bidang lubrikasi / pelumasan yg menggunakan teknologi unik micpol (micronisasi-polarisasi) dan F-active, berbahan dasar TEFLON (lebih sering digunakan utk alat masak/peralatan dapur). Kami memiliki sertifikasi NSF, Food Grade, sertifikat Halal. Teflon adalah salah satu benda padat terlicin (memiliki tingkat kelicinan yg tinggi). Interflon memodifikasi Teflon dgn menggunakan teknologi MicPol and dry lubricants (sistem pelumasan kering) sehingga membuat pelumasan menjadi lebih sempurna. Hubungi kami untuk lebih jelasnya, tentang bagaimana kita bisa mencapai high save cost untuk perusahaan anda bekerja. Anwar Iswahyudi Widodo 0812 9456 6529 call/WA, email: aiwidodo@interflon.co.id or you can search at www.interflon.com, YouTube channel: InterflonLubrication

      Hapus
  36. Pak Eko, apakah ada yang menjual grease super/ultra tacky, sehingga saat benda bergerak diatas permukann yang satu , akan terbatas kecepatannya. Jadi yang saya maksud adalah grease yang bukan untuk pelumas/ pelicin, tapi membatasi kelicinannya. Saya ingin mempergunakan di ball head camera tripod, agar pan and tiltnya terbatas/tidak licin sekali.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  37. PT AMAN PELUMAS NUSANTARA WE ARE MAKER COME FROM TAIWAN. Berpengalaman Selama 25 tahun di Taiwan. Lithium grease special maker. More info hsiajerry@yahoo.com.tw
    Hp : 08129444121
    Factory : Kawasan industri block mm no 16 jababeka 2 bekasi

    BalasHapus
  38. Pak Eko ,

    Saya Ingin Bertanya , Perbedaan dari EP.Lithium Grease No.3 Blue berbeda dengan EP.Lithium Grease No.3 Red .. selanjutnya Apakah yang warna biru itu bisa dipakai satu mesin dengan yang sebelumnya memakai warna Red ?


    Makasih :)

    BalasHapus
  39. Assalamu Alaikum Wr.Wb pak Eko
    mohon maaf numpang lewat...perkenalkan saya Harun Arasyid dari pelumas PIKOLI barangkali dari rekan rekan ada yang mau share atau kebutuhan pelumas PIKOLI boleh menghubungi saya di arasyid.harun69@gmail.com atau di 08111488259 terima kasih

    BalasHapus
  40. Assalamu Alaikum Wr.Wb pak Eko
    mohon maaf numpang lewat...perkenalkan saya Harun Arasyid dari pelumas PIKOLI barangkali dari rekan rekan ada yang mau share atau kebutuhan pelumas PIKOLI boleh menghubungi saya di arasyid.harun69@gmail.com atau di 08111488259 terima kasih

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum pak Eko
    saya mau nanya nilai Densitas dari grease berapa ya? apa sama dengan oli?

    BalasHapus
  42. Pak, Mau numpang tanya perbedaan grease dengan anti seize ?
    www.distributorloctite.blogspot.co.id

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Mau tanya , kira" yang jual Molybdenum Disulfide dimana yaa?
    Bagi yang tauu mohon infonya
    Terimakasih

    BalasHapus
  45. Mau tanya pak, dalam proses regreasing pada electro motor vertical apakah elmot tersebut dalam posisi running atau diam. Dan sebaiknya berapa takaran yg pas dalam penambahan grease tersebut?

    BalasHapus
  46. Dear Pak Eko

    boleh kah konsultasi lewat email bapak?
    saya di alamat rigoahmad@gmail.com
    penting pak

    BalasHapus
  47. Perkenalkan kami dari PT Interflon Indonesia, head office kami berada di Roosendaal Netherlands (Belanda). Kami adalah perusahaan di bidang lubrikasi / pelumasan yg menggunakan teknologi unik micpol (micronisasi-polarisasi) dan F-active, berbahan dasar TEFLON (lebih sering digunakan utk alat masak/peralatan dapur). Kami memiliki sertifikasi NSF, Food Grade, sertifikat Halal. Teflon adalah salah satu benda padat terlicin (memiliki tingkat kelicinan yg tinggi). Interflon memodifikasi Teflon dgn menggunakan teknologi MicPol and dry lubricants (sistem pelumasan kering) sehingga membuat pelumasan menjadi lebih sempurna. Hubungi kami untuk lebih jelasnya, tentang bagaimana kita bisa mencapai high save cost untuk perusahaan anda bekerja. Anwar Iswahyudi Widodo 0812 9456 6529 call/WA, email: aiwidodo@interflon.co.id or you can search at www.interflon.com, YouTube channel: InterflonLubrication

    BalasHapus
  48. http://apotikjakarta.com/ciri-ciri-obat-blue-wizard-asli-perangsang-wanita/

    BalasHapus
  49. pak adakah refrensi buku tentang pembuatan grease atau pelumas?

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum wr.wb kami PT. Selindo Nusantara Energy ingin mewawarkan bahan baku pembuatan grease JENIS SN 100 & SN 150
    Hubungi 081220998883 / 082120988833

    BalasHapus
  51. Masuuuuuk PAK EKOOO.....!!!

    BalasHapus
  52. Ass.. Pam eko sy mau tanya bagaimana proses pembuatan grease bahan2 dan alat2nya serta peralatan yg digunakan sy tertarik utk maembuat home industri kalau bs sejelas2nya karena sy banyak limbah olie bekas tdk dipakai kalau bs sy berkunjung ketempat bapak tlp.085100873567 atau bpk punya mo.tlp utk aq

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum pak Eko, mohon pencerahannya saya memerlukan gemuk namun yang cukup cair agar bisa dituang masuk ke dalam rongga selang/flexibleshaft alat concrete Vibrator, untuk melumasi seling baja yang berputar didalam rongga selang karet untuk meredam gesekan antara dinding selang karet dengan seling baja yang berputar 3600rpm. Pernah menggunakan oli karena mudah masuknya, tinggal tuang saja, namun kendalanya oli mudah keluar lagi dari mulut lubang selang sehingga mudah kering kembali dan mengakibatkan dinding selang karet terbakar. Apakah ada gemuk dengan tingkat kekentalan rendah yang mudah dimasukan ke dalam rongga yang cukup dalam dengan cara dituang. Terimakasih

    BalasHapus
  54. Pak mw nanya..grease untuk cv joint mobil atw as roda mobil.baiknya tipe apa ya

    BalasHapus
  55. Spesifikasi Oli Pelumas CNC Molding Cutting Oil
    Jual Oli Hidrolik | Jual Oli Industri | Jual Oli Kompresor | Supplier Oli Industri
    Petrofer adalah cairan logam yang dapat larut dalam air sehingga membentuk emulsi sangat stabil bila dicampur dengan air pada berbagai tingkat kekentalan. stabilitas emulsi tidak dipengaruhi oleh ion air keras dan oleh fakta bahwa minyak tidak berbusa kemudian membuat yang ideal tinggi dari petrofer memberikan pendinginan yang superior untuk berbagai proses pengerjaan logam.
    Aplikasi
    petrofer larut direkomendasikan untuk tugas ringan memotong kasar pada semua jenis logam non-ferrous dan logam besi kecuali magnesium. Akan bermanfaat dalam memotong, menggergaji, membuat lubang, penggilingan dan memperbaiki lubang. Ini sangat ideal untuk mesin tugas berat karena sifat pembasahan yang efektif dan penyejuk. Perbandingan pengenceran dengan air adalah rentang khas untuk mesin umum 01:10 dan 01:40 untuk mesin tugas berat.
    Manfaat oli dan pelumas jenis ini antara lain:
    Melindungi terhadap karat dan korosi
    Tidak berbusa
    Kesediaan pembasahan sempurna dan pendinginan
    Menahan serangan bakteri yang dapat menyebabkan ketengikan
    Penyimpanan
    Produk ini harus disimpan di dalam (5-40 ° C) tidak lebih dari 1 tahun dan dilindungi dari pembekuan.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi saya
    Email :tommy.transcal@gmail.com
    Mobile :081310849918
    Terima kasih

    BalasHapus
  56. Spesifikasi Oli Pelumas CNC Molding Cutting Oil
    Jual Oli Hidrolik | Jual Oli Industri | Jual Oli Kompresor | Supplier Oli Industri
    Petrofer adalah cairan logam yang dapat larut dalam air sehingga membentuk emulsi sangat stabil bila dicampur dengan air pada berbagai tingkat kekentalan. stabilitas emulsi tidak dipengaruhi oleh ion air keras dan oleh fakta bahwa minyak tidak berbusa kemudian membuat yang ideal tinggi dari petrofer memberikan pendinginan yang superior untuk berbagai proses pengerjaan logam.
    Aplikasi
    petrofer larut direkomendasikan untuk tugas ringan memotong kasar pada semua jenis logam non-ferrous dan logam besi kecuali magnesium. Akan bermanfaat dalam memotong, menggergaji, membuat lubang, penggilingan dan memperbaiki lubang. Ini sangat ideal untuk mesin tugas berat karena sifat pembasahan yang efektif dan penyejuk. Perbandingan pengenceran dengan air adalah rentang khas untuk mesin umum 01:10 dan 01:40 untuk mesin tugas berat.
    Manfaat oli dan pelumas jenis ini antara lain:
    Melindungi terhadap karat dan korosi
    Tidak berbusa
    Kesediaan pembasahan sempurna dan pendinginan
    Menahan serangan bakteri yang dapat menyebabkan ketengikan
    Penyimpanan
    Produk ini harus disimpan di dalam (5-40 ° C) tidak lebih dari 1 tahun dan dilindungi dari pembekuan.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi saya
    Email :tommy.transcal@gmail.com
    Mobile :081310849918
    Terima kasih

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Selamat Siang Pak saya mau Tanya bagaimana Cara membuat Oli cair menjadi padat Dan keras Pak??

    BalasHapus
  59. Produk Petrofer Oil tersedia untuk semua kebutuhan industri seperti :

    Metal working fluid, Metal forming , Oli Grease,lubricants, Die casting, Forging, Hidrolik oil, Slide way, Gear oil, Cutting oil, Quenching oil dan berbagai jenis chemicals.

    Kami juga mempunyai produk cutting coolant untuk berbagai tipe material:
    Steel
    Aluminum
    Copper
    Brass
    Cast Iron
    Summary Produk Kami:
    Isopal A Blue
    Emulcut S 20
    Emulcut S 50
    Isocool 990
    Isogrind 130
    Emulcut 500 A
    Isocut VG 15
    Isocut VG 22
    Isocut VG 32
    Oli Grease


    Untuk Informasi detail produk kami silahkan email kami di tommy.transcal@gmail.com
    Mobile:0813-1084-9918

    BalasHapus
  60. Saya mau buat cairan tidak terlalu padat seperti gemuk, dan tidak terlalu encer seperti oli, dan bahan dasarnya bukan dari air atau oli dan apabila suhu panas tidak berubah kekentalanya, begitu juga bila suhu dingin tetap tidak berubah dan tidak menguap, mohon pak dibantu komposisi bahan yang tepat,terima kasih

    BalasHapus
  61. Apalah Grease padat (pelumas padat/gemuk) yang berwarna gelap bisa diterangkan/atau di jernihkan warna grease nya? Jima bisa metode apa yang digunakan dan zat apa yang perlu di gunakan?

    BalasHapus
  62. Pak, apakah Grease/gemuk ada masa pakai nya, maksudnya ada kadaluarsa nya jika kaleng sudah di buka dan di tutup lagi, masalahnya saya beli gemuk hanya terpakai sedikit sisa yg ada di kaleng masih banyak, saya kawatir kadaluarsa karena kaleng sudah terbuka.

    BalasHapus