Rabu, 02 Maret 2011

Pelumas Padat / Gemuk / Grease

Pelumas secara fisiknya di kategorikan menjadi : 
1. Pelumas Cair 
2. Pelumas Padat

Pada bagian kesempatan ini penulis ingin share pengetahuan  mengenai pelumas padat/ Gemuk/ Grease.
Secara klasifikasi pemakai Pelumas padat ini di kategorikan lagi menjadi :
1. Pelumas padat untuk automotif
2. Pelumas padat untuk industri

Secara proses dalam pembuatan pelumas padat untuk industri dengan automotive tidak  banyak berbeda, yang membedakannya hanyalah additive yang di campurkan dalam pelumas padat tersebut.

Lembaga yang membuat spesifikasi teknik mengenai pelumas padat adalah NLGI  http://www.nlgi.com
National Lubricating Grease Institute – International technical trade association yang melayani industri pelumas gemuk dan pelumas roda gigi

Definisi

Gemuk / grease / pelumas padat adalah sebuah pelumas dengan kekentalan tinggi. Pada awalnya gemuk digunakan untuk menyebut turunan dari lemak hewan, tetapi kini gemuk secara umum digunakan untuk menyebut pelumas dengan viskositas  lebih tinggi dibanding minyak. Gemuk pada awalnya tersusun dari kalsium, adonan sabun sodium/ lithium dengan pengemulsi minyak mineral.
Gemuk adalah pelumas yang memiliki bentuk setengah padat atau padat. Umumnya gemuk dibuat dari bahan oli pelumas cair yang diberi tambahan pengental (thickening agent). Ada dua tipe utama dari bahan pengental (thickening agent) yang biasa dipergunakan, yaitu metalic soap dan non soap. Tipe metalic soap dipakai untuk mayoritas gemuk.

Kelebihan fungsi gemuk yang bersifat padat
Kelebihan gemuk adalah pelumasannya bersifat tahan lama tanpa perlu penambahan karena gemuk tidak dapat mengalir atau menyebar. Kemudian gemuk juga bersifat perapat sempurna untuk pencegah menempelnya benda-benda asing seperti kotoran, gas, dan air pada permukaan yang dilumasi. 
Alasan lainnya karena gemuk mempunyai daya tahan yang bagus terhadap beban tinggi.

Tujuan penggunaan gemuk adalah untuk memperpanjang umur pakai komponen yang dilumasi.
Gemuk adalah pelumas untuk setiap komponen mobil dan motor yang bergerak. seperti bantalan, engsel dan ball joint. Tujuan penggunaan gemuk adalah untuk memperpanjang umur pakai komponen yang digemuki. Karena banyaknya jenis gemuk yang beredar di pasaran, penggunaan gemuk harus disesuaikan dengan perangkat yang akan dilumasi. Apalagi setiap gemuk memiliki kemampuan kerja yang berbeda. Berikut ini
macam-macam gemuk sesuai kegunaannya :

1.. Gemuk dari bahan dasar sabun (lithium)

Lithium Soap Base Multi Purpose Grease (NLGI #2) memiliki spesifikasi tahan terhadap air dan panas. Penggunaannya pada komponen yang memiliki gerakan kontinyu, seperti mekanik kopling, steering linkage, propeller shaft, shackle pin, dan king pin.

a.. Gemuk jenis ini banyak dipergunakan pada bagian-bagian yang
memerlukan pelumasan periodik seperti bantalan roda, lengan
penghubung kemudi, poros propeler, king pin, sakel pin. Oleh karena
itu sering disebut gemuk serbaguna.

b.. Karakteristik nya : siraman air dan tekanan suhu tinggi
tidak akan mengurangi kemampuan kerja dan daya tahannya.

2.. Gemuk dari bahan dasar sabun molybdenum disulphidelithium

Molybdenum Disulfide Lithium Soap Base Grease (NLGI #2) merupakan gemuk berkemampuan tinggi dan mengandung tingkatan gemuk lithium soap base dengan bahan tambahan molybdenum disulfide. Gemuk ini biasanya disebut gemuk chassis spesial atau long life . Biasanya digunakan dalam area yang tahan tekanan tinggi, seperti clutch, ball joints, suspension arms, steering center arm, double Gardan Joints, constant velocity joints dan rack and pinion steering gear.

a.. Gemuk jenis ini biasanya dipakai pada komponen yang jarang diberi pelumasan seperti ball joint, lengan
      suspensi, lengan tengah kemudi, nakel kemudi, cross-joint, rack end dan rack pinion.

b.. Karakteristiknya : lebih tahan dan juga bisa bekerja pada  beban lebih besar daripada gemuk serbaguna.

3.. Gemuk karet

a.. Gemuk ini biasanya digunakan untuk komponen rem.

b.. Karakteristiknya : terbuat dari bahan nabati (karet) maka sifatnya mencegah komponen karet 
     mengambang.

4.. Gemuk sintetik (synthetic lithium complex / hidroxy lithium complex)

a.. Gemuk jenis ini harganya relatif lebih murah dari jenis yang lain.

b.. Karakteristiknya gemuk ini memiliki kelemahan yaitu kurang tahan terhadap suhu tinggi sehingga mudah
     memuai.

5.. Gemuk All Purpose Lubricant

a.. Gemuk jenis ini harganya relatif murah namun kualitasnya tidak kalah bagus maka sering dipakai di
     bengkel-bengkel.

b.. Karakteristiknya : gemuk ini lebih encer dari gemuk nabati atau sintetik.

Secara singkat pembuatan pelumas Pelumas padat  adalah sebagai berikut :
- Proses pembuatan sabun (Saponification)
- Penambahan base oil, additive dan komponen lain
- Penghalusan struktur/serat
- Pengeringan/penguapan air dan material lain

33 komentar:

  1. DH
    saya ingin membuat gemuk lithium komleks transparent, sampai saat ini masih sulit untuk proses pembuatannya, kami memakai lithium komplex/lithium stearate, sn500,dan additive.....hasil yg didapatkan selalu tidak bening,.....mohon pecerahan bahan apa saja yg perlu ditambahkan atau proses apa yg perlu kami lakukan...
    sekian dan terimakasih
    fadilah
    fadchem@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik Pak Fadilah akan saya coba bantu dari sisi pengolahannya,
      Dari Base Oil SN 500 yang bapak pakai( sy anggap semuanya sudah on spec (Color, Density, KV 40, KV 100, VI, Pour Point , Flash point dan water content), additive, lithium komplex dan formulasi on spec juga.

      kalau dari sepengetahuan saya proses urutan penuangan lithium stearate dan additive, itu harus dilakukan secara perlahan dan benar. operator produksi biasanya ingin cepat dan terburu-buru sehingga proses saponisasi agak kurang baik dan benar, kemudian dari faktor tangki blending bapak agitatornya di harapkan mempunyai blade/ pengaduk yang berlawanan arah antara blade atas dan bawah dan seberapa rapat jarak antara blade tersebut dan juga faktor kapasitas volume tangki blending bapak ? mesti di hitung ulang/diset kembali....dan yang paling penting adalah apakah tangki blending bapak dilengkapi dengan vacum operasional / jet ejector yang berfungsi membuang sebagian besar uap air/kadar air yang terkadung didalam masing-masing bahan baku. adanya kadar air inilah yang membuat grease selalu tidak bening (clarity = hazzy bukannya clear). sebagai contoh sama halnya kalau bapak membuat pelumas cair, jika ada kadar air dalam bahan baku, maka akan membuat penampakan pelumas bapak akan keruh, tidak jernih) sekian dulu terima kasih kembali.

      Hapus
  2. saya ingin menanyakan ekanisme sabun sebagai pengental bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Dini Putri A.

      Bukan memakai sabun, tetapi proses pembuatannya seperti proses membuat sabun.

      Kata saponifikasi disini atau saponify berarti membuat sabun (Latin sapon, = sabun dan –fy adalah akhiran yang berarti membuat). Bangsa Romawi kuno mulai membuat sabun sejak 2300 tahun yang lalu dengan memanaskan campuran lemak hewan dengan abu kayu. Pada abad 16 dan 17 di Eropa sabun hanya digunakan dalam bidang pengobatan. Barulah menjelang abad 19 penggunaan sabun meluas.

      Sabun merupakan merupakan suatu bentuk senyawa yang dihasilkan dari reaksi saponifikasi. Saponifikasi adalah reaksi hidrolisis asam lemak oleh adanya basa lemah (misalnya NaOH). Hasil lain dari reaksi saponifikasi ialah gliserol. Selain C12 dan C16, sabun juga disusun oleh gugus asam karboksilat. Hidrolisis ester dalam suasana basa bisa disebut juga saponifikasi.

      Ada dua metode yang digunakan dalam esterifikasi yaitu proses batch dan proses kontinyu.

      Hapus
  3. Dh,
    pak saya mau bertaya, antara Grease yang mengandung tacky dan tidak, apakah ada pengeruh pada pemakaian?
    tolong pencerahannya

    terimakasih
    suprapto
    prapto_ra@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Yth Pak Prapto,

    Penggunaan tackyfier pada grease di maksudkan agar grease yang mengandung additive extreme pressure dan heavy duty tidak mudah lepas (bersifat melekatkan) atau hilang ketika grease itu sedang bekerja (di antara logam bantalan dan roller ) sehingga fungsinya grease sebagai pelumas padat dapat berfungsi.
    Jadi jika grease yang tidak mengandung / kurang / sudah berkurang sifat "tacky" nya karena pemakaian dapat mengakibatkan ;
    1. Grease yang mengalir keluar dari rumah laher/bearing dapat membuat kotor dan rem tidak berfungsi karena cakram atau drum brake menjadi basah terkena grease yang mencair.
    2. Fungsinya sebagai pelumas padat tidak sempurna dan dapat mengakibatkan bantalan (bearing) cepat aus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yth Pak Eko,

      terimakasih atas pencerahannya.
      sebagian pemain/pengguna grease tidak sependapat dengan alasan;
      1. grease tacky; debu/kotoran akan mudah menempel sehingga grease menjadi kotor.
      2. grease tacky; tidak mempengaruhi performace test dari pada grease spt four ball, well load, dan sifat characteristic lainnya.
      dari pendapat2 meraka, apa yang harus saya pilih/gunakan, apakah grease tacky atau non tacky.
      mohon pencerahannya kambali.

      terimakasih

      Hapus
  5. Yth Pak Prapto

    Saya akan coba share dan discuss di sini ,

    1. Grease sebagai pelumas padat memang harus lengket/menempel / berada pada bagian yang akan di lumasinya, nah untuk itulah pada aplikasi bearing perlu diadakan tutup / seal / cover bearing agar kotoran tidak mudah masuk, atau bearing itu sendiri posisinya dalam ruang yang tertutup. Nah jika ada kotoran dari luar menempel pada grease berarti penutup /seal nya kurang rapat /kurang sempurna sehingga perlu di ganti .
    2. Sebelum memutuskan untuk memilih grease yang akan di pakai, kita minimal harus mengetahui beberapa informasi dasar antara lain, grease tersebut akan di pakai pada bagian apa, temperatur , rotasi per menit, dan perkiraan beban dll. Mengenai tackly atau tidak tergantung dari informasi bagian apa yang akan di beri pelumas padat tersebut guna menghindari salah aplikasi pemakaian grease.




    BalasHapus
  6. Pak saya berminat untuk mendirikan usaha sendiri produksi grease. bagaimana cara dan syarat yang diperlukan untuk memulau sebagai produsen grease trsebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain aspek legal seperti TDP, IU dan lain-lainnya ada aspek teknik yang harus di penuhi dalam spesifikasi produk, dalam hal ini NLGI dan aspek peralatan pengetesan yang juga harus di penuhi dalam pengujian / menjaga kendali kualitas.

      Hapus
  7. apa sajakah aplikasi dari pelumas padatan pakk dalam bidang industri,, mohoon pencerahannya pak.. terimah kasih..
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak Aplikasi yang dapat di pakai dalam bidang industri, sesuai dengan OEM (pembuat mesin industri) yang meyarankannya / persyaratan pemakaian, misal;
      Grease High Temp, untuk pelumasan rantai-rantai oven.
      Grease MP (multi purpose), untuk pelumasan bantalan-bantalan/ bagian yang tidak membutuhkan spec khusus.
      Grease EP dan HD untuk melumasi bearing-bearing roda roda truck/ Kereta.
      dll nya
      Terima kasih, mudah-mudahan dapat membantu.

      Hapus
  8. Salam hormat,
    saya ingin memproduksi gemuk lithium transaparent, dimana bisa membeli bahan2nya dan apa ada trainning singkatnya?terima kasih. refa - medan- reefald@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Bapak Refa

      untuk Trainning singkatnya dapat lihat di http://www.freepatentonline.com
      untuk bahan-bahannya dapat menghubungi supplier additive for grease di Medan

      Hapus
  9. salam hormat

    saya ingin menanyakan tentang gemuk di CVT motor...gemuk yg genuine part tu bila mana di pakai di CVT pada saat mesin menyala + panas gemuk itu bisa mencair dan begitu mesin itu di matikan + keadaan dingin se gemuk sndiri mengental kembali....klo boleh tau jenis gemuk apakah itu...?? ad adakah merk lain yg menjual seperti gemuk itu...tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Pak Frenki,

      Gemuk yang berada CVT motor, tidak seharusnya berubah menjadi cair pada waktu panas, karena gemuk atau pelumas padat ini mengandung pengental dan additive lainnya sesuai dengan spesifikasi dan peruntukannya yang di keluarkan oleh NLGI (( The National Lubricating Grease Institute ) adalah badan yang di jadikan standar acuan grease ).
      CVT sendiri adalah sistim transmisi kering , artinya tidak boleh ada pelumas di dalam sistim transmisi. Gemuk di sini berfungsi untuk menghilangkan ke-kesetan antara karet dan logam yang bergesekan secara tiba-tiba yang menimbulkan bunyi decit atau kriiitt- krrittt.
      Gemuk yang berada dalam CVT tidak boleh terlalu banyak karena akan menyebabkan menempelnya debu atau kotoran halus pada CVT, yang berakibat juga menurunnya usia pakai belt.
      Awet atau tidaknya CVT bergantung pada beban berat , cara mengemudi, stop and go arus lalulintas dll.
      Jenis Grease nya yang bertipe NLGI #2, Silikon base. (bukan yang berasal dari Petroleum /minyak bumi karena dapat merusak rubber/karet CVT). Ada beberapa merek, tetapi kita harus yakin bahwa grease tsb adalah yang silikon base, itu yang terpenting.

      Hapus
  10. pak saya mau menanyakan apa bisa gemuk / grease di cairkan...? gimana cara mencairkan nya...apa di masak seperti memasak air ( gemuk di masukan ke dalam panci + di panaskan dengan kompor ) dan bila mana gemuk itu pas di panas kan dia mencair apa pas dalam keadaan dingin dia kembali mengental lagi....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Pak Agus.

      Melting (mencair) point pada gemuk ada nilai tertentu. pelumas padat (grease) ini mengandung pengental, jadi pada waktu dingin dia akan mengental kembali.

      Sebenarnya untuk apa gemuk di cairkan ?? , kalau ingin aplikasi pelumas cair, pakailah pelumas yang sudah cair karena aplikasi pelumas padat adalah untuk melumasi bagian-bagian komponen yang tidak tersentuh oleh sistim pelumasan cair.

      Terima Kasih

      Hapus
  11. siang pak, saya mau nanya .. sebenarnya lebh bagus grease litum atau kalsium dengan base oil yang sama ??? dan apa yang mempengaruhinya ???

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian lebih bagus atau tidaknya adalah relatif yang pasti adalah tipe pemakaian gemuk yang pas/cocok untuk aplikasi yang akan di pakai.

      Aplikasi umum untuk gemuk Kalsium sulfonat antara lain meliputi automotif , pertanian , konstruksi , makanan, industri , pertambangan ,
      manufaktur kertas dan pabrik baja .
      Aplikasi automotif spesifik termasuk chassis , sendi bola/ball joint ,
      sambungan universal dan bantalan roda .
      Aplikasi industri termasuk ,konveyor pabrik ,
      crusher ,aplikasi lepas pantai dan bawah laut.
      Gemuk kalsium sulfonat juga digunakan dalam katup uap yang dioperasikan motor untuk mengontrol tekanan tinggi uap .
      Katup uap ini biasanya ditemukan di pembangkit nuklir dan stasiun termal yang menghasilkan panas.

      Secara khusus perbedaan spesifikasi dari lithium base atau kalsium base sbb :

      ASTM Test Result Calcium Base Lithium Base
      Additive -commercial Yes No
      ZN/P/S
      General EP/AW add
      D217,P60 286 262
      D2265, Dropping Point, Celc 312 > 316
      D2596, 4-Ball EP, Weld Kg 315 400
      D4049, Water spray-off,% 13,6 68,6
      D2509, Timken OK Load, LBs 35 60

      Terlepas dari harga , dalam pemakaian gemuk / pelumas adalah ketepatan kebutuhan pelumas yang cocok /pas yang di butuhkan oleh mesin. Dapat dilihat dari buku manual yang di keluarkan oleh OEM (Origin Equipment Manufactur / Pabrik pembuat peralatan).

      Mudah-mudahan penjelas ini dapat lebih membantu. Terima kasih





      Hapus
    2. siang pak, terimaksih atas jawabannya.
      gini pak saya lagi melekukan penelitian pembuatan grease dari minyak nabati degn sabun logam campuran litium dan kalsium. dimana komposisi 1 = 50 : 50. komposisi 2 = 60 : 40 dengan volume base oil yang sma . hasil analisa dropping point dan penetrasi menunjukan komposisi 1 lebih tinggi. yang saya mau tanyakan hal apa yang mempengaruhi hal tersebut ??? dan ada apa gak pengaruh senywa yang ada dalam minyak nabati maupun sabun logamnya??

      Hapus
    3. komposisi 1 : litium : kalsium = 50 : 50
      komposisi 2 : litium : kalsium = 60 : 40

      Hapus
  12. Yth Pak Eko,
    adakah gemuk yang ramah lingkungan dan tidak beracun..saya ingin mengaplikasikan untuk pelumasan wire sling di Pompa Dredge, sehingga sling yg terkena grease tidak akan mencemari lingkungan (perairan danau/sungai) saat tercelup/masuk air. dulu saya pernah dengar food grade drease, apakah itu? mohon penjelasan. salam

    BalasHapus
  13. Yth Pak Adi,

    Umumnya Gemuk lumas yang beredar di pasaran diproduksi dari bahan dasar minyak mineral atau bahan sintetis dengan penambahan additive yang masih mengandung logam berat, chlorin, dan nitrit. Bahan dasar tersebut tingkat biodegradasinya rendah, toksik, karsinogenik, dan sumbernya tidak terbarukan.

    Gemuk pelumas ramah lingkungan yang berbahan dasar minyak jarak (Ricinus Communis L.) yang memiliki kemampuan menahan beban ekstrim dengan baik, mencegah korosi/karat, mencegah terjadinya keausan mesin, serta mempunyai daya lekat yang kuat dengan logam yang dilumasi.

    Jadi untuk gemuk ramah lingkungan cari yang terbuat dari bahan baku alami yang ramah lingkungan (Minyak Jarak) yang dapat berfungsi :

    • Mencegah terjadinya keausan mesin, dan korosi/karat

    • Kemampuan menahan beban ekstrim memenuhi SNI 7069.15:2008

    • Bahan baku lokal tersedia melimpah.

    Mudah-mudahan dapat membantu, terima kasih.

    BalasHapus
  14. selamat siang pak,
    apa saja faktor yang mempengaruhi pelumas padat ?? baik itu dari jenis minyak smaupun jenis pengentalnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Leo dapat membaca/download dari file yang saya share di internet sbb :

      http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/lubricants-and-greases-manufacturing-plants

      http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/bearing-and-lubrication

      http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/dasar-dasar-additive-pelumas

      Ok mudah-mudahan dapat memberi sedikit gambaran

      Hapus
  15. terimakasih pak atas jawabannya sangat membantu ...

    kira2 kalau densitas grease sendiri pengaruh gak dengan base oil dan jenis sabun logamnya??

    BalasHapus
  16. terimakasih pak atas jawabannya sangat membantu ...

    kira2 kalau densitas grease sendiri dipengaruh oleh base oil dan jenis sabun logamnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau densitas atau kekentalan gemuk tidak di ukur dan bukan karakteristik/ parameter spesifikasi dari gemuk.
      Penetrasi gemuk, titik mencair gemuk , anti karat , kemampuan memisahkan air dll. merupakan karakteristik dari gemuk yang di ukur. dan juga karena gemuk merupakan pelumas padat , bukan pelumas cair yang harus di ukur kekentalannya.
      Terima Kasih

      Hapus
  17. Asalamualaikum.. Mhon maaf pak saya ingin bertanya.. Berapa persen maksimal atau minimal kandungan air atau water content d dalam pelumas grease menurut standarnya.. Terima kasih

    BalasHapus
  18. wasalamualaikum , Water content nya seharusnya nol. dapat dilihat di : http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/sni-gemuk

    BalasHapus
  19. yang berminat beli grease bisa hub: sya di email
    trigms@gmail.com

    BalasHapus
  20. Mario Oliviera20 Juli 2014 21.03

    Terima kasih untuk ilmunya Pak Eko.

    BalasHapus