Minggu, 03 Februari 2013

Pelumas Penghantar Panas atau Heat Transfer Oil

Perpindahan panas adalah disiplin rekayasa termal yang menyangkut generasi, penggunaan, konversi, dan pertukaran energi panas dan panas antara sistem fisika. Perpindahan panas yang diklasifikasikan ke dalam berbagai mekanisme, seperti konduksi termal , konveksi termal , radiasi termal , dan transfer energi melalui perubahan fase . Insinyur juga mempertimbangkan transfer massa berbeda spesies kimia, baik dingin atau panas, untuk mencapai perpindahan panas. Sementara mekanisme ini memiliki karakteristik yang berbeda, mereka sering terjadi secara simultan dalam sistem yang sama.

Konduksi panas, juga disebut difusi, adalah pertukaran mikroskopis langsung energi kinetik dari partikel melalui batas antara dua sistem. Ketika sebuah benda berada pada berbeda Temperatur dari yang lain tubuh atau sekitarnya, panas mengalir sehingga tubuh dan lingkungan mencapai suhu yang sama, pada saat mana mereka berada dalam kesetimbangan termal . Perpindahan panas tersebut selalu terjadi spontan dari daerah suhu tinggi untuk wilayah lain suhu yang lebih rendah, seperti yang dijelaskan oleh hukum kedua termodinamika .


Hukum I termodinamika menyatakan bahwa energi adalah kekal, tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Berdasarkan teori ini, Anda dapat mengubah energi kalor ke bentuk lain sesuka Anda asalkan memenuhi hukum kekekalan energi. 

Namun, kenyataannya tidak demikian. Energi tidak dapat diubah sekehendak Anda. Misalnya, Anda menjatuhkan sebuah bola besi dari suatu ketinggian tertentu. 
Pada saat bola besi jatuh, energi potensialnya berubah menjadi energi kinetik. Saat bola besi menumbuk tanah, sebagian besar energi kinetiknya berubah menjadi energi panas dan sebagian kecil berubah menjadi energi bunyi. 

Sekarang, jika prosesnya Anda balik, yaitu bola besi Anda panaskan sehingga memiliki energi panas sebesar energi panas ketika bola besi menumbuk tanah, mungkinkah energi ini akan berubah menjadi energi kinetik, dan kemudian berubah menjadi energi potensial sehingga bola besi dapat naik? 

Peristiwa ini tidak mungkin terjadi walau bola besi Anda panaskan sampai meleleh sekalipun.  Hal ini menunjukkan proses perubahan bentuk energi di atas hanya dapat berlangsung dalam satu arah dan tidak dapat dibalik. 

Proses yang tidak dapat dibalik arahnya dinamakan proses irreversibel. Proses yang dapat dibalik arahnya dinamakan proses reversibel.  Peristiwa di atas mengilhami terbentuknya hukum II termodinamika. Hukum II termodinamika membatasi perubahan energi mana yang dapat terjadi dan yang tidak dapat terjadi. 

Pembatasan ini dapat dinyatakan dengan berbagai cara, antara lain, hukum II termodinamika dalam pernyataan aliran kalor: “Kalor mengalir secara spontan dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah dan tidak mengalir secara spontan dalam arah kebalikannya”;  hukum II termodinamika dalam pernyataan tentang mesin kalor: “

Tidak mungkin membuat suatu mesin kalor yang bekerja dalam suatu siklus yang semata-mata menyerap kalor dari sebuah reservoir dan mengubah seluruhnya menjadi usaha luar”; hukum II termodinamika dalam pernyataan entropi: “Total entropi semesta tidak berubah ketika proses reversibel terjadi dan bertambah ketika proses ireversibel terjadi”.  

Nah dari hukum dasar termodinamika di atas , pada kesempatan ini saya ingin share, bagaimana transfer / perpindahan panas berlangsung dengan menggunakan pelumas sebagai media penghantar panasnya (Heat transfer oil).
sedangkan media penghantar panas lain (air) akan saya bahas  pada kesempatan yang lain.

Pelumas penghantar panas ini biasanya di aplikasikan pada industri yang pada proses produksinya dibutuhkan panas untuk katalis  dalam membuat ikatan  (bond) antar unsur kimianya dalam proses sehingga dapat terikat lebih baik dan erat atau sempurna

Apa kriteria dasar yang harus di miliki oleh Pelumas penghantar panas ( Heat Transfer Oil ) ?
  1. Tidak mudah terbakar dan menguap. Artinya di sini pelumas tersebut harus memiliki flash point yang tinggi.
  2. Tidak mudah rusak rantai karbonnya/ unsur ikatan pelumasnnya. Rusak nya rantai karbon dapat di lihat dari   perubahan warnanya dari warna asalnya menjadi gelap (teroksidasi). Artinya bahan dasar pelumas tersebut , haruslah berasal dari pengolahan minyak bumi yang  mengandung rantai karbon panjang (long chain carbon)
  3. Mudah menyerap panas dan memberikan panas dan mempunyai sifat yang stabil (range temperatur tidak besar). Karena pemanasan yang lebih cepat merata, maka resiko kebakaran dapat dikurangi, yang mungkin terjadi akibat panas yang langsung mengena terhadap bahan - bahan yang sedang di proses.
  4. Mudah untuk digerakkan /dipindahkan artinya pelumas dapat membawa panas dari sumber panas ke media yang  akan di panaskan dengan melalui transfer  pompa
  5. Tidak bersifat korosif dan dapat membawa kotoran yang ada di dalam sistem pemanasan.

Hal-hal yang harus di perhatikan dalam sistim pemanasan yang menggunakan Pelumas Penghantar Panas (Heat transfer Oil) :
  1. Harap diperhatikan supaya sistem sirkulasi tertutup secara total untuk mencegah terjadinya oksidasi, pencemaran dan penguapan.
  2. Tingkat aliran pelumas harus tetap dikontrol untuk mencegah tempat-tempat tertentu menjadi terlalu panas (biasanya antara 1.5 - 3 meter per detik)
Gambar contoh : Sistim alat penukar panas (Heat Exchanger) dengan memakai Pelumas Penghantar Panas (Heat Tranfer oil)  sebagai media pembawa panas nya


Pelumas Penghantar Panas (Heat Transfer Oil), sebagai media penukar panas, oleh beberapa orang dianggap sebagai alternatif yang lebih baik untuk mengatasi masalah kualitas air dan keterbatasan temperatur sistem yang di miliki oleh sistem air. selain itu ada beberapa keunggulan lainnya seperti yang terlihat pada tabel berikut ini



Keuntungan pemakaian Pelumas penghantar Panas (Heat tranfer oil) dibanding dengan sistem lainnya, secara umum bisa dilihat sebagai berikut:
  • Effisiensi, banyak orang percaya bahwa Pelumas Penghantar Panas  mempunyai efisiensi 5 hingga 8% lebih baik dibandingkan dengan penggunaan sistem uap konvensional, hal ini dikarenakan pada sistem uap konvensional banyak terdapat heat loss misalnya di steam trap 6% hingga 14% tergantung panjangnya pipa instalasi dari sistemnya. Selain itu heat loss di air blowdown hingga 3%, dan heat loss di deaerator hingga 2%.
  • Sertifikasi, untuk mengoperasikan sistem uap bertekanan diperlukan sertifikasi baik operator yang menjalankannya maupun instalasinya sendiri, di banyak negara hal ini merupakan undang-undang yang harus dipatuhi sehingga berdampak terhadap biaya operasional.
  • Tidak seperti sistem uap bertekanan, hampir semua instalasi panas dengan menggunakan Pelumas Penghantar Panas beroperasi pada tekanan atmosfir. Tekanan pada sistem ini hanya terbatas pada tekanan pompa sirkulasi yang digunakan, yang hanya berkisar antara 2 – 4 bar.
  • Korosi, sistem uap sangat rentan terhadap korosi, udara dan garam yang terkandung di dalam air merupakan komponen utama penyebab korosi. Uap juga sangat abrasif terhadap logam karena tidak adanya daya lumas.
  • Sistem pemindahan panas (Heat Exchanger) yang digunakan untuk memanaskan pelumas bersifat tidak korosif dan berdaya lumas sama dengan minyak pelumas sehingga tidak menyebabkan korosi dan abrasi pada logam.
  • Maintenance, karena tidak adanya steam traps, condensate return, dan chemical dosing pada boiler water pada sistem pemanas yang menggunakan pelumas penghantar panas maka otomatis maintenance-nya juga lebih sedikit.
  • Ramah Lingkungan, lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan steam boiler yang penggunaan airnya harus diproses secara mekanikal maupun kimiawi sehingga pembuangan air limbahnya harus aman untuk lingkungan.
  • Keamanan, tidak seperti pada steam boiler yang memerlukan tekanan tinggi untuk suhu operasi yang tinggi, thermal fluid heaters beroperasi pada tekanan atmosfir sehingga sangat aman. Tekanan yang terjadi pada sistem thermal fluid heaters hanya akibat tekanan pompa sirkulasi dan bukan tekanan karena tekanan yang diperlukan untuk mencapai temperatur kerja yang diinginkan.
  • Kontrol suhu, Pengontrolan suhu pada sistem pemanasan pelumas  dilakukan langsung pada temperatur pelumasnya, sehingga lebih akurat dibandingkan dengan pada steam boiler yang diatur dengan cara mengatur tekanan kerja dari sistem
  • Biaya, Investasi dan biaya operasi sistim pemanasan dengan menggunakan Pelumas Penghantar Panas  relative lebih rendah dibandingkan dengan steam boiler.

Diatas adalah hasil studi banding yang saya lakukan di plant, dimana ada dua sistem penghantar pemanasan (heat transfer system).
Bagaimana spesifikasi Heat Transfer oil yang saya buat, dapat di unduh di : 
http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/calor-syn
Sekian dulu semoga dapat bermanfaat !!!

32 komentar:

  1. mo nimbrung gan...:
    1. sistem ini perlu vent air ga?
    2. kira2 kemasan paling kecil untuk heat transfer oil brapa ya ?
    trim utk pencerahannya...

    BalasHapus
  2. 1. Kalau untuk sistem pemanasan tidak di butuhkan vent air, karena akan membuat panas yang akan di pakai terbuang ke udara / loss energi panas dan mengakibatkan borosnya bahan bakar. ( baik itu yang memakai pelumas penghantar panas atau air sebagai media penghantar panas didalam heat exchanger ).
    2. Kemasan paling kecil biasanya 20 Liter kemudian 200 liter dan 1000 liter.

    BalasHapus
  3. Pak Eko, gambarnya koq diambil dari brosur saya (Taland Thermal) buatan PT. Taland Utama Karisma perkasa.

    BalasHapus
  4. mo tanya boz
    adakah rumus untuk menentukan HTO yg bagus, mungkn dr downtime start awal, suhu d tungku sampe suhu yg d terimad meterial?
    tq

    BalasHapus
  5. Yth Hartadi Soe
    kalau untuk menentukan HTO yang bagus/tidak bisa di lihat dari chemical dan physical propertiesnya. nah untuk downtime start awal sampai suhu yang di terima material, banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain tingkat /kadar sludge di minyak (HTO), sistim jaketing pipa yang bagus, jarak antara sumber panas dan material, sistem HTO dan material yang akan di panaskan, bahan bakar (energi yang terkandung) yang dipakai sebagai sumber panas dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo rumusan "Q = mc delta t" apa bisa digunakan dalam menilai bagus dan tidak nya sistem atopun oli HTO tersebut?tq

      http://pabriku.blogspot.com/

      Hapus
  6. mau tanya pak eko, untuk jacketing pipa yang bagus itu gimana ya, biar transfer panasnya optimal. dan HTO untuk material aspal yang dipanaskan kira2 apa yang bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaketing Pipa yang baik adalah menggunakan glasswool untuk pipa yang banyak dijual di pasaran, kemudian glasswool tersebut di lapisi/di tutup lagi oleh almunium (0,5 mm). Untuk HTO untuk material aspal , dapat melihat di : http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/liqtro-industrial

      Hapus
  7. Mau nanya pak, untuk aplikasi HTO ini apakah ada perhitungan untuk oil losses atau normalnya seperti apa? karena saat ini saya melakukan top up 2 drum/bulan.
    dan improvement apa yang harus dilakukan jika pressure oil pumpnya rendah (discharge) bermain di 3 bar yang harusnya 4-5 bar.
    Untuk informasinya saya ucapka terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak jika membutuhkan oli HTO nya bisa menghubungi saya ya...081288253686

      Hapus
  8. Salam kenal Pak Eko,
    Pak, untuk running hours HTO (standar operasi) berapa jam?
    Kondisi seperti apa, oli HTO harus di ganti ?

    Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  9. Salam kenal Pak Eko,
    Pak, untuk running hours HTO (standar operasi) berapa jam?
    Kondisi seperti apa, oli HTO harus di ganti ?

    Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  10. jika ada yang membutuhkan HTO ataupun aplikasi oli mesin lainnya di sekitar cikarang, purwakarta dan cikampek hubungi saya di 087 87 87 06 999
    terima kasih, dan sukses untuk Anda semua

    BalasHapus
  11. bila ada yang butuh oli HTO dapat hubungi saya wilayah Bandung dan sekitarnya. 081394408353. merk&kualitas OK.

    BalasHapus
  12. Saya marketing oli industri brand merk eni dan penstar di wilayah semarang melayani kebutuhan wilayah jateng, silakan hubungi saya agus wibowo di 082210269497

    BalasHapus
  13. Saya marketing oli industri brand merk eni dan penstar di wilayah semarang melayani kebutuhan wilayah jateng, silakan hubungi saya agus wibowo di 082210269497

    BalasHapus
  14. Yth Pak Eko, saya sedang berhadapan dengan masalah HTO yang cukup pelik, yaitu pada beberapa instalasi di line produksi oil tidak panas sementara line produksi di sebelahnya panas. Indikasi adalah oil tidak mengalir, karena ketika dibuat sodetan pada return pipe nya (dibocorkan) baru panasnya nengalir sampai keluaran sodetannya. Apakah bapak ada saran mengenai kenapa aliran HTO seolah olah mampet (tidak mengalir?)

    BalasHapus
  15. Sedia Evalube Heat Transfer Oil, area pemasaran Surabaya, Sidoarjo, Gresik dsktr nya.
    Hub: Doni (0812 4948 1075)

    BalasHapus
  16. Kami adalah perusahaan pemasaran pelumas HTO dan sudah banyak dibeberapa konsumen industri, jika ada hal atau membutuhkan pelumas HTO hub saya di 081364182775

    BalasHapus
  17. Salam kenal pak EKo,
    Mengenai TOH (Therml Oil Heater), untuk sistem pembakaran ingin menggunakan Burner dengan bahan bakar Oil or Gas dan bahan bakar ganda (Dual Fuel) silahkan kontak kami untuk diskusi dan produk pendukung TOH atau boiler anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami menjual segala jenis tipe burner dengan bahan bakar, gas, solar, residu dari Brand FBR, Riello, Baltur, Weishaupt. Kontak sales :
      Phone : 0812 8183 6224
      Email : nur.r@indira.co.id
      Website : www.jualburner.win

      Hapus
    2. Mau nanya pak...kalau indikator atau standar efisiensi bisa dikatakan pemanas olibitu bagus berapaan?

      Hapus
  18. salam kenal , sangat pass cocok dalam bidang saya, terimakasih,
    perkenalkan juga

    https://boilerbagus.com adalah website Spesialis Service yang di kelola oleh PT INDIRA DWI MITRA.
    Kami merupakan perusahaan yang bergerak dalam manufacturing atau Pabrik Boiler Indonesia
    dan Thermal oil Heater menjual langsung water tube boiler, re
    tube boiler, thermal oil heater
    atau hot water boiler. Adapun produk unggulan kami meliputi unit usahanya yaitu Bengkel Las
    dan Pabrikasi.
    Berikut ini sub usaha PT Indira Dwi Mitra:
    1. Water Tube Boiler
    2. Fire Tube Boiler
    3. Thermal Oil Heater
    4. Boiler Crude Palm Oil Kapal Tanker

    BalasHapus
  19. artikel yang baik sangat bermanfaat dan membantu, trimakasih
    https://www.jualboiler.com/2018/09/04/jual-boiler-pabrik-kelpa-sawit/

    BalasHapus
  20. dalam penggunaan HTO, SAE oli yg digunakan berapa ya pak eko ???

    BalasHapus
  21. terimakas artikelnya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  22. terimakasi artikel anda semoga bermanfaat buat pribadisaya dan semoga bermanfaat untu semua orang terikasih
    distributor boiler
    jual boiler idm

    BalasHapus
  23. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk Boiler,cooling tower ,chiller, evapko, dan waste water treatment,STP,oli industri dll,harga nego, untuk info lebih lanjut tentang produk ini, bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:081310849918

    BalasHapus
  24. Posting yang sangat bagus. Saya baru saja menemukan weblog Anda dan ingin mengatakan bahwa
    saya benar-benar suka berselancar di posting blog Anda.
    Bagaimanapun saya akan berlangganan feed rss Anda dan
    saya harap Anda menulis sekali lagi segera!Jual Thermal Oil (AMP) Asphalt Mixing Plant
    Pusat Jual Thermal Oil Heater, jual thermal oil kapal
    Jual Hot Thermal Oil - HTO
    Jual Mesin Pemanas Asphalt
    Fabrikasi Thermal oil
    Jual Thermal Oil Heater
    Jual Hot Thermal Oil
    Jual Tangki Mixing Asphalt
    Jual Thermal Oil untuk CPO

    BalasHapus
  25. Bagaimana cara penggantian oli heat transfer pada boiler supaya bersih tuntas dan berapa jam pemakaian oli sehingga oli harus diganti ? Terima kasih.

    BalasHapus