Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Besi yang mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe2O3.x H2O. Korosi atau proses pengaratan merupakan proses elektro kimia.
Pada proses pengaratan, besi (Fe) bertindak sebagai pereduksi dan
oksigen (O2) yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi.
Persamaan reaksi pembentukan karat sebagai berikut:
Anode : Fe(s) → Fe2+(aq) ) 2e- Katode : O2(g) + 4H+(aq) + 4e- → 2H2O(l)
Karat yang terbentuk pada logam akan mempercepat proses pengaratan berikutnya. Oleh sebab itu, karat disebut juga dengan autokatalis. Mekanisme terjadinya korosi adalah logam besi yang letaknya jauh dari permukaan kontak dengan udara akan dioksidasi oleh ion Fe2+. Ion ini larut dalam tetesan air. Tempat terjadinya reaksi oksidasi di salah satu ujung tetesan air ini disebut anode. Ion Fe2+ yang terbentuk bergerak dari anode ke katode melalui logam. Elektron
ini selanjutnya mereduksi oksigen dari udara dan menghasilkan air.
Ujung tetesan air tempat terjadinya reaksi reduksi ini disebut katode. Sebagian oksigen dari udara larut dalam tetesan air dan mengoksidasi Fe2+ menjadi Fe3+ yang membentuk karat besi (Fe2O3.H2O).
Kerugian yang cukup besar akibat proses pengaratan mengharuskan
adanya upaya-upaya pencegahan terjadinya karat. Prinsip pencegahan nya
dengan cara melindungi besi dan penyebab terjadinya karat. dilihat dari
faktor-faktor yang memengaruhi proses pengaratan besi, banyak cara
pencegahan yang dapat dilakukan, seperti modifikasi lingkungan,
modifikasi besi, proteksi katodik, dan pelapisan.
- Cara modifikasi lingkungan. Oksigen (O2) dan kelembaban udara merupakan faktor penting dalam proses pengaratan, mengurangi kadar oksigen atau menurunkan kelembaban udara dapat memperlambat proses pengantaraan. Sebagai contoh, kelembaban di dalam gudang dapat dikurangi dengan mendinginkan gudang menggunakan pengondisi udara (Air Conditioner / AC).
- Cara modifikasi besi. Ketika besi membentuk aloi (logam campuran) dengan unsur-unsur tertentu, besi akan lebih tahan terhadap pengaratan. Baja (aloi dari besi) mengandung sebelas persen hingga dua belas persen kromium dan sedikit mengandung karbon, disebut stainless steel. Baja ini ini tahan karat dan sering digunakan dalam industri, untuk bahan kimia, dan di rumah tangga.
- Cara proteksi katodik. Jika logam besi dihubungkan dengan seng, besi tersebut akan sukar mengalami korosi. Hal ini disebabkan seng lebih mudah teroksidasi dibandingkan dengan besi. Potensi reduksi besi adalah E°Zn2+|Zn = -0.76V, lebih negatif dari pada potensi reduksi besi, yaitu sebesar E°Fe2+|Fe = -0.44V. Seng akan beraksi dengan oksigen dan air dalam lingkungan yang mengandung karbon dioksida. Seng karbonat yang terbentuk berfungsi melindungi seng itu sendiri dari korosi. Cara perlindungan logam seperti ini disebut cara proteksi katodik (Katode Pelindung). Selain seng (Zn), logam magnesium (Mg) yang termasuk alkali tanah, banyak digunakan untuk keperluan ini.
( Narasumber / Handbook )
- Cara pelapisan. Jika logam besi dilapisi tembaga atau timah, besi akan terlindung dari korosi. Sebab logam Cu (E°Cu2+|Cu = +0.34V) dan Sn( E°Sn2+|Sn =-0.14V) memiliki potensi reduksi yang lebih positif dari pada besi (E°Fe2+|Fe = -0.44V). Namun, bila lapisan ini bocor, sehingga lapisan tembaga atau timah terbuka, besi akan mengalami korosi yang lebih cepat. Selain dengan tembaga dan timah, besi juga dapat dilapisi dengan logam lain yang sulit teroksidasi. Logam yang dapat digunakan adalah yang memiliki potensial reduksi lebih positif dibandingkan besi, seperti perak, emas, nikel, timah, tembaga, dan platina. Selain senyawa logam, pelapisan dapat pula menggunakan senyawa nonlogam. Proses pelapisan logam besi ini dapat dengan cara membersihkan besi terlebih dahulu, kemudian melapis dengan suatu zat yang sukar ditembus oleh oksigen, misalnya cat, gelas, plastik, atau vaselin (gemuk). Perlu diperhatikan, seluruh permukaan besi harus terlapis sempurna untuk menghindarkan kontak dengan oksigen. Proses pelapisan yang tidak sempurna dapat lebih berbahaya dibandingkan besi tanpa pelapis. Pengaratan dapat terjadi pada bagian yang tertutup sehingga tidak terdeteksi.
Nah dari proses pencegahan karat yang ada di atas maka saat ini yang cocok untuk melindungi kendaraan adalah dengan pelapisan logam dengan antikarat cat dan proteksi katodik
Proses pencelupan logam
-
Memang betul bahwa mobil / motor yang di produksi di atas tahun 1995 sudah
memiliki chassis yang telah dilindungi oleh lapisan anti karat melalui
proses galvanisasi hot dip.
Lapisan galvanis ini menghambat masuknya air ke plat besi yang rentan
karat. Di kondisi ideal, anti karat tambahan memang tidak diperlukan
sama sekali.
Tapi tidak untuk kita disini. Kondisi jalan yang buruk, lompatan kerikil serta jalan yang berlubang bisa dengan mudah merusak lapisan ini dan meng-ekspos chassis besi yang rentan terhadap karat.
Hal ini diperparah dengan kondisi air di Indonesia yang digunakan untuk mencuci mobil/motor biasanya ber-pH di bawah 7 dan bersifat asam. Jadi di Indonesia, anti karat tambahan SANGAT DIPERLUKAN.
- Mobil-mobil modern menggunakan rangka dan panel galvanis berlapis
seng. Baja yang tak terproteksi akan membentuk lapisan besi oksida, yang
dapat menyerap udara dan air sehingga dapat menyebabkan korosi terus
berlanjut di bawahnya. Akan tetapi, seng oksida yang dihasilkan di
permukaan barang dengan lapisan seng tidak dapat ditembus. Selama
lapisan seng dan seng oksida tidak terganggu (terkikis atau tergores),
baja di bawahnya tidak akan berkarat.
Baja galvanis memiliki sifat yang dapat memperbaiki diri sendiri; goresan kecil dimana baja terekspose ke udara luar akan ditutup kembali oleh seng. Hal ini terjadi karena seng di sekitarnya akan terserap dan mengendap pada baja tersebut, mengganti apa yang sebelumnya hilang karena goresan.
Proteksi Katodik ( Cathodic Protection)
Adalah teknik yang digunakan untuk mengendalikan korosi pada permukaan logam dengan menjadikan permukaan logam tersebut sebagai katode dari sel elektrokimia.
Proteksi katodik ini merupakan metode yang umum digunakan untuk
melindungi struktur logam dari korosi. Sistem proteksi katodik ini
biasanya digunakan untuk melindungi baja, jalur pipa, tangki, tiang pancang, kapal, anjungan lepas pantai dan casing (selubung) sumur minyak di darat.
Efek samping dari penggunaan yang tidak tepat adalah timbulnya
molekul hidrogen yang dapat terserap ke dalam logam sehingga menyebabkan
hydrogen embrittlement (kegetasan hidrogen).
Proteksi katodik adalah cara yang effektif dalam mencegah stress corrosion cracking (retak karena korosi).
Pada saat ini, galvanik atau anode tumbal dibuat dalam berbagai bentuk dengan menggunakan alloy (campuran logam) dari seng, magnesium dan alumunium. Potensial elektrokimia, kapasitas arus, dan laju konsumsi dari campuran logam ini lebih besar sebagai Cathodic Protection daripada besi.
Anode galvanik dirancang agar memiliki voltase aktif ( sebenarnya
secara teknik memiliki potensial elektrokimia lebih negatif ) lebih
tinggi daripada logam yang terdapat pada struktur baja. Untuk
mendapatkan Cathodic Protection yang effektif, potensial dari permukaan baja dipolarisasi
(didorong) agar menjadi lebih negatif hingga permukaannya memiliki
potensial yang seragam. Pada tahap ini, daya dorong yang dapat
menyebabkan reaksi korosi menjadi tertahan. Anode galvanik kemudian akan
terus terkorosi, memakan material anode hingga suatu saat perlu
diganti. Polarisasi disebabkan oleh laju arus dari anode yang menuju ke katode. Daya dorong bagi laju arus dari Cathodic Protection adalah perbedaan potensial elektrokimia antara anode dan katode.
Nah teorinya di atas , sekarang bagaimana di aplikasikan pada kenyataannya ??????...yang di butuhkan pada teori di atas adalah memberikan anoda galvanik sejumlah voltase aktive agar menjadi tumbal, sehingga potensial elektro kimianya menjadi lebih tinggi dari besi yang kita lindungi. tapi anoda ini harus terbuat logam yang kuat seperti campura Zn (seng), Mg (amgnesium) dan Al (Almunium).
Berikut ini Gambar skema Rangkaian Saklar Digital beserta komponen dan cara pembuatannya
Rangkaian saklar digital untuk proteksi katodik.
Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan
listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya adalah
alat penyambung atau pemutus aliran listrik. Selain untuk jaringan
listrik arus kuat, saklar berbentuk kecil juga dipakai untuk alat
komponen elektronika arus lemah.
Secara sederhana, saklar terdiri dari
dua bilah logam yang menempel pada suatu rangkaian, dan bisa terhubung
atau terpisah sesuai dengan keadaan sambung (on) atau putus (off) dalam
rangkaian itu. Material kontak sambungan umumnya dipilih agar supaya
tahan terhadap korosi. Kalau logam yang dipakai terbuat dari bahan
oksida biasa, maka saklar akan sering tidak bekerja. Untuk mengurangi
efek korosi ini, paling tidak logam kontaknya harus disepuh dengan logam
anti korosi dan anti karat. Pada dasarnya saklar tombol bisa
diaplikasikan untuk sensor mekanik, karena alat ini bisa dipakai pada
mikrokontroller untuk pengaturan rangkaian pengontrolan.
Gambar Skema Rangkaian Saklar Digital utk trigger Anoda Galvanik
Rangkaian saklar digital
ini dapat mengontrol salah satu dari 16 perangkat dengan bantuan two
push to on switch. Sebuah up/down counter bertindak sebagai pengontrol
master sistem. Sebuah indikasi visual dalam bentuk LED juga tersedia.
IC1 (74LS193) adalah up presettable. IC2 dan IC3 (74LS154) (1 dari 16
decoder / demultiplexer) melakukan fungsi yang berbeda, yaitu IC2
digunakan untuk menunjukkan jumlah saluran saat IC3 switch pada saluran
yang dipilih. Sebelum menggunakan sirkuit, tekan S1 beralih ke preset.
Dengan demikian, masing-masing menekan saklar S2 memungkinkan counter
untuk menghitung satu hitungan. Demikian juga, dengan menekan switch S3
penghitungan. Penghitung menyediakan output BCD. Ini output BCD adalah
digunakan sebagai masukan alamat untuk IC2 dan IC3 untuk beralih satu
(saluran yang diinginkan) dari enam belas saluran dengan menghidupkan
triac yang tepat dan LED yang sesuai untuk menunjukkan saluran yang
dipilih. Keluaran dari IC3 yang melewati gerbang inverter (IC4 melalui
IC6) karena IC3 menyediakan pulsa negatif sedangkan untuk mendorong
triac kita perlu pulsa positif. Output dari inverter gerbang tinggi
mengaktifkan transistor NPN untuk mendorong triac. Dioda dihubungkan
secara seri dengan gerbang triac berfungsi untuk menyediakan arus searah
pada gerbang kemudi atau diarahkan untuk mengaktivasi logam Anoda galvanik yang di inginkan.
Anti Karat Spray VS Anti Karat Elektronik
Tinggal di daerah pantai atau berudara lembab sangat memudahkan
kendaraan kita untuk terserang karat. Karat ini kalau sudah kena akan
sulit di obati apalagi sampai ke bagian dalam mobil sangat mengganggu
sehingga bisa menurunkan harga jual kembali mobil kita. Banyak orang kadang
bertanya mana yang terbaik anti karat Spray (Konvensional) atau anti
karat elektronik. Semoga perbandingan ini dapat membantu anda semua dapat menentukan
pilihan anti karat.
Berikut ini ada perbandingan beberapa anti karat baik konvensional maupun elektronik yang ada di pasaran sbb :
1. Ziebart, Bahan Import dari Amerika, berbahan dasar Oli (Oil Based), proses pengerjaannya beberapa bagian body kendaraan di lubangi.
2. Tuft kote Dinol, import dari Swedia, Berbahan dasar Oli (Oil Based), proses pengerjaannya beberapa bagian body kendaraan di lubangi.
3. Value Gard, import dari Amerika, Berbahan dasar Oli (Oil Based), Proses pengerjaan menggunakan Atomized sistem tidak perlu melubangi body.
4.
Ultra Gard, Import dari Australia, Berbahan Dasar Air (Water Based),
Proses pengerjaan menggunakan Atomized sistem tidak perlu melubangi
Body. Dimana Bahan adalah campuran unik dari Wax, Resin dan Bahan Anti
Korosi yang ramah lingkungan, karena berbahan dasar air (Water Based).
Keunggulan dari Water Based Compund adalah : Cepat Kering, Ramah
Lingkungan, dan mudah merata dan masuk ke celah celah sambungan body
kendaraan. dengan menggunakan Atomized sistem dan Airless Spray Gun,
sehingga tidak perlu melubangi body kendaraan.
5. Rust Evader, Anti
Karat sistem elektronik, menggunakan alat pengurai air (ion), kerjanya
seperti pemanas kaca belakang mobil belakang dari kabut. bahaya jika
alatnya rusak sehingga perlindungan terhadap antikarat menjadi tidak ada
sama sekali (import dari Amerika).
Anti Karat Elektronik
+ Perlindungan total luar-dalam.
+ Pemasangan hanya ditempel.
+ Dapat dipindahkan ke mobil lain.
+ Tempat pemasangan bisa dimana saja (rumah, kantor, bengkel atau show room).
+ Lama pemasangan ± 2 jam.
+ Tidak menimbulkan bau, kotor dan menetes.
+ Teknologi microchip / gelombang elektronik.
- Alat musti sering di cek rutin, sangat berbahaya jika alat rusak
- Tidak memiliki perlindungan terhadap gesekan atau kerikil
- Membutuhkan energi Listrik
Anti Karat Spray :
+ Memilik daya tahan abrasi yang baik sehingga tidak mudah terkikis oleh air, kerikil ataupun gesekan
+ Pengecekan tidak serutin pengecekan anti karat elektronik
- Perlindungan hanya tempat tertentu saja.
- Melubangi bodi mobil. (Untuk produk Tertentu)
- Tidak bisa dipindahkan.
- Tempat pemasangan di tempat tertentu (bengkel).
- Lama pemasangan satu hari.
- Menimbulkan bau, kotor dan menetes. (Untuk produk Tertentu)
- Memakai bahan kimia. (Untuk produk Tertentu)
Demikianlah kesimpulan dari artikel yang dapat rangkum, tidak ada produk yang
sempurna, karena itu menurut pendapat saya ada baiknya kita menggunakan
perlindungan maksimum dengan menggunakan produk anti karat spray dan
elektronik secara bersamaan karena 2 produk ini dapat di gunakan secara
bersamaan. !!!!
Nih contoh poto anti karat elektronik yang ada di mobil dan motor ane , untuk yang semprot ada di bagian lengan ayun, spakboard, pintu dll (di pasang / di aplikasikan pada waktu kendaraan masih baru oleh sole distributor anti karat spay ).
Selain anti karat yang tersebut di atas ada lagi anti karat untuk industri yang dapat di aplikasikan ke permukaan logam /metal sehingga karat tidak mungkin menjalar/ di mulai dari logam yang terkelupas coating /penutupan logamnya. atau juga bisa dipakainya pelumas padat (grease/gemuk/stempet) yang di tempel di dinding bodi atau sasis juga bisa berfungsi sebagai anti karat yang baik.
Ok sekian dulu pengenalan mengenai anti karat......nanti antikarat yang padat / industri akan di buat artikel lainnya.......Have nice day !!!
Ok sekian dulu pengenalan mengenai anti karat......nanti antikarat yang padat / industri akan di buat artikel lainnya.......Have nice day !!!
mau tanya pak dari yg saya bca d atas ttg rangkain anti krat tsb jdi relay itu di ganti dgn triac
BalasHapusapakah betul pak?
tlong jwaban dikirim ke alamat e-mail saya
abdoelg_3ea@yahoo.co.d
saya Febri, saya butuh Gambar Skema Rangkaian Saklar Digital utk trigger Anoda Galvanik. bisa di kirim melalui email, saya ; traflex@gmail.com
BalasHapusTerimakasih
Numpang lapak gan Toko Kimia.
BalasHapusTerima Kasih.
Pak, bisa minta gambar skema Rangkaian saklar Digital untuk trigger anoda galvanik. terimakasih, email saya : ronarloo@yahoo.com
BalasHapusNice post.
BalasHapusThank you for your information.
Water Chemical Solution
Anti Rust
Metal Protector
BalasHapusSaya menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.
BalasHapusOli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.
Untuk informasi lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
WA:081310849918
Terima kasih
Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller Boiler evapko STP wwtp bakteri dan nutrisi untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih
BalasHapusWhatsApp 081310849918